PENGARUH HARGA, HALAL LIFESTYLE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE (KONSUMEN KOSMETIK HALAL DI KOTA MALANG)

Della Rizki Apriliani, Harun Alrasyid, Siti Aminah Anwar

Abstract


Permasalahan dalam keuasan pelanggan muncul apabila salah satu faktor tidak terpenuhi, seprti harga yang tidak sesuai dengan barang yang dijual, tidak adanya penulisan label halal dalam kemasan produk, serta kualitas pelaynan yang didapat sangat buruk. Faktor yang paling utama sendiri dalam kepuasan pelanggan adalah harga, harga ditentukan oleh keseimbangan antara penawaran dan permintaan. Faktor kedua yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu halal lifestyle, dan fator yang ketiga di pengaruhi oleh kualias pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh harga, halal lifestyle dan kualitas pelaynan terhadap kepuasan pengguna aplikasi shopee pada masyarakat muslim kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Data analisis menggunakan analisis regresi berganda  yang diolah menggunakan software SPSS 23. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh harga, halal lifestyle dan kualitas pelaynan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai Fhitung 65.084 > Ftabel 2.70, nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan R Square 0.884 (66,8%) (2) terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai thitung 4.729 > ttabel 1,98472 dan nilai signifikansi t 0,000 <0,05 (3) terdapat pengaruh halal lifestyle terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai thitung 3.233 > ttabel 1,98472 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 (4) terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai thitung 2.995 > ttabel 1,98472 dan nilai signifikansi 0.003 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Adinugraha, Hendri, H., Mila, S., & Hasan, A. A. (2019). Halal Lifestyle Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah.

Anita, Y. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada di Kota Pekanbaru).

Arinda, M. K. (2020). Pengaruh Halal Lifestyle, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kayla Nissa Salon & SPA Muslimah. 105.

Arpizal. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perfektif Ekonomi Islam Pada Bisnis Online. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ekonomi Islam, 5(1), 23—50.

Derang, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek pada Produk Kosmetik Wardah Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Batam. Jurnal Health Sains, 1(4), 389—398. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i4.78

Fandy, T. (1997). Prinsip- prinsip total quality service. Andi.

Fandy, T., & Gregorius, C. (2016). Service, quality dan satisfaction 4 (edisi 4). Penerbit ANDI.

Hardiansyah. (2018). Kualitas pelayanan publik (cetakan 1). Gava Medis.

Ilham, R. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1—67.

J, S. W., & Yohanes, L. (1994). Prinsip pemasaran.

L, M. S. (2009). Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 6.

Mamang, S. E., & Shopiah. (2013). Perilaku konsumen : pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Andi.

Nurma, R. S. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PAKET INTERNET DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM. 1—14.

Puryanto, B. S. D. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di E-Commerce Shopee. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 1—17.

Samsul, Muslimin, S., & Jafar, W. (2022). Journal of Islamic Economics. Journal of Islamic Economics, 4(1), 1—11.

Siyoto Sandu, & Ali, S. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta.

Ulfa, A., Mujahidin, A., & Zainudin, M. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Online Shopee. Sistem Informasi Akuntansi, 1(2), 1—10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats