PENGARUH LITERASI DIGITAL, KESADARAN BERZAKAT, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MELALUI E-COMMERCE TOKOPEDIA (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto)

Nuzulul Lailatul Bunga Puspita, Nur Diana, Dewi Diah Fakhriyyah

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus Lemeshow dan melibatkan 96 responden. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh Literasi Digital (X1), Kesadaran Berzakat (X2), dan Kualitas Layanan (X3) terhadap Keputusan Muzakki Membayar zakat Melalui E-Commerce Tokopedia (Y). Untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan software SPSS untuk uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda,uji F, uji koefisien determinasi (R2) dan uji parsial. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel Literasi Digital (X1), Kesadaran Berzakat (X2), dan Kualitas Layanan (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan muzakki membayar zakat melalui E-Commerce Tokopedia. Secara parsial variabel Literasi Digital (X1) dan Kualitas Layanan (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan muzakki membayar zakat melalui E-Commerce Tokopedia (Y). Namun, Kesadaran Berzakat (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan muzakki membayar zakat melalui E-Commerce Tokopedia (Y). Dalam penelitian ini menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) dimana pengembangan dari TRA (Theory Reasoned Action) digunakan untuk melihat pengaruh kemudahan penggunaan dan manfaat yang diterima setiap individu yang terdapat pada variabel Literasi Digital (X1) dan Kualitas Layanan (X3).


Full Text:

PDF

References


Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness And Brand Image On Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 1–8.

Belshaw, D. (2011). What is Digital Literacy? A Pragmatic Investigation. University of Durham.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, & Mixed Methods Approach. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Diana, F. C. dan A. (2010). Strategi Pemasaran (second). Andi.

Edi, E. A. dan A. S. (2022). Pengaruh Religiusitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Dan Keputusan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Platform Digital Pada Yayasan Pengelola Zakat Di Surabaya. ISSN, 2(1), 186–202.

Gita Indriani, Arie Syantoso, dan A. P. (2020). Pengaruh Customer Feedback Pada Tokopedia Terhadap Pengembangan Ekonomi Digital Syariah (studi kasus di Martapura dan Banjarbaru). Eprints Uniska, 1(2), 1–10.

Harmayani. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Hatmawan, S. R. dan A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, Dan Eksperimen. Deepublish Publisher (CV Budi Utama).

Kartika, I. K. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.558

Knobel, C. L. dan M. (2011). New Literacies: Everyday Practices and Social Learning. https://books.google.co.id/books/about/EBOOK_New_Literacies_Everyday_Practices.html?id=HSdFBgAAQBAJ&redir_esc=y

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (13 ind JKP).

Lisdiana, E. (2022). Strategi Penghimpunan Zakat Profesi Melalui E-Commerce Tokopedia Pada NU Care-Lazisnu Pusat.

Munif, A. G. dan A. (2016). Problematika Perdagangan Online Telaah Trhadap Aspek Khiyar Dalam E-Commerce. x(No.2), 295–308.

Octaviani, O. C. (2021). the Effect of E-Service Quality and Perceived Price Fairness on Customer Loyalty Which Customer Satisfaction As Intervening Study Online Shoping Site in Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 143–171.

Pendidikan, D. (2005). Departemen Pendidikan. In Kamus Besar Bahasa Indonesia (p. 1197). Balai Pusat.

Qardawi, Y. (2004). Hukum Zakat: Studi komparatif Mengenai Status dan Filsafat Zakat Berdasarkan Qur’an dan Hadis (Cet. 1).

Sari, T. dan Z. (2019). Edukasi Zakat, Infaq dan Shadaqoh (ZIS) pada Siswa/Siswi SMA Muhammadiyah 1 Bengkulu. Syukur, 02(2), 141–146. https://doi.org/10.22236/syukur

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian (1st ed.). Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

UNESCO. (2004). “The Plurality of Literacy and its Implications for Policies". https://unesdoc.unesco.org

Viswanath Venkatesh, F. D. D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model : Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46(No.2), 186–204. https://pubsonline.informs.org/doi/10.1287/mnsc.46.2.186.11926

Wijaya, A.w., H. (1984). Kesadaran hukum manusia dan masyarakat Pancasila /AW. Widjaja. Era Swasta, 1985.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats