PENGARUH KESADARAN HALAL, KEMUDAHAN, PROSPEK BISNIS, DAN SIKAP PRODUSEN TERHADAP KEPATUHAN SERTIFIKASI HALAL UMKM DI KOTA MALANG

Anindya Fauziah, Nur Diana, Dewi Diah Fakhriyyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara Kesadaran halal (X1), Kemudahan (X2), Prospek bisnis (X3), dan Sikap Produsen (X4) terhadap Kepatuhan Sertifikasi Halal (Y).Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah produsen UMKM di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 Responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara simultan kesadaran halal, kemudahan, prospek bisnis dan sikap produsen memiliki pengaruh terhadap kepatuhan sertifikasi halal UMKM di Kota Malang. (2) secara parsial kesadaran halal, kemudahan dan prospek bisnis berpengaruh terhadap kepatuhan sertifikasi halal UMKM di Kota Malang. (3) Variabel sikap produsen tidak berpengaruh terhadap kepatuhan sertifikasi halal UMKM di Kota Malang.


Full Text:

PDF

References


Agus, M., Skripsi, J., & Pembentukan, P. (2014). PESISIR DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA Abstrak. 2(4), 3447–3456.

Antamoshkina, O. I., & Zinina, O. V. (2019). A methodology for assessing the prospects of modifying business strategy of an enterprise in the external environment. IOP

A.wawan dan Dewi M. (2017) .Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia (Yogyakarta:Nuha

Medika).

Basalamah, R., Nurdin, N., Haekal, A., Noval, N., & Jalil, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay Pada Generasi Milenial Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 57–71.

Bruno, L. (2019). Psikologi Pendidikan berdasarkan Kurikulum Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. In Universitas Brawijaya Press.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). ANALISIS KEPEMILIKAN SERTIFIKAT HALAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA PELAKU INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Ferdian Zuhdi Pratama, N., & Ina Savir, S. (2022). Hubungan Health Belief Model dengan Perilaku Kepatuhan Terhadap Program Vaksinasi Covid-19 pada mahasiswa.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS.

Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. Herwinda. (2020). PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Pekanbaru). 21(1), 1–9.

Hendro.MM, Dasar-Dasar Kewirausahaan, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011).

Kasanah, N., Husain, M., & Sajjad, A. (2014). Potensi, Regulasi, dan Problematika Sertifikasi Halal Gratis. Journal of Economics, Law and Humanities, 20(33), 2021. https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/kodifikasi-dan-sertifikasi-produk-halal-jadi-

Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020). Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’Ah, 8(2), 109–127.

Notoatmodjo. (2003). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–33.

Rohmah, H. (2019). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI, PRODUK HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI ISLAM ANGKATAN 2016-2018 UIN WALISONGO DI MARKETPLACE SHOPEE. In Αγαη.

Rohmah, N. (2020). PENGARUH KESADARAN HALAL, ISLAMIC BRANDING DAN PRODUCT INGREDIENTS TERHADAP MINAT BELI LUWAK WHITE COFFIEPADA MASYARAKAT DESA DANAU KECAMATAN PELEPAT ILIR KABUPATEN BUNGO. 21(1), 1–9.

Sari, M. K. (2020). Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Berkaitan Kepemilikan Sertifikat Halal Pada Produk Olahan Pangan.

Sari, R. . K. P. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Minat Pegawai Menggunakan Mobile Banking Pada Pegawai Kantor Pelayanan Dan Pengawasan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean C Manado.

Siska, S., Rahmi, H., Fitriani, & Dewanti, E. (2020). Workshop dan Pelatihan Pengajuan Sertifikat Halal bagi Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM. Jurnal SOLMA, 9(1), 201–208.

Triana, U. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Bahan Makanan, Dan Citra merek Produk Terhadap Minat Beli Produkmakanan Halal (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Di Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Try Astuti, A. R., & Ruqiah. (2020). Bisnis Halal Dalam Perspektif Etika Islam: Kajian Teoritis. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(2), 142–156.

Ustanti, M. (2022). PENGARUH KESADARAN HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MEMBELI PADA PRODUK MAKANAN DI TOKO “RIZQUNA” BLOKAGUNG KARANGDORO BANYUWANGI Mira. المجلة المصریة لعلم النفس الإکلینیکی والإرشادی, 10(1), 1–52.

Wulandari, D. E. (2022). Pengaruh Label Halal,Religiusitas dan Sikap ProdusenTerhadap Kepatuhan Sertifikasi Halal Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lumajang.

Yurindera, N. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online Di Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 309–320.

Yunus, Nor Sara Nadia Muhamad, Wan Edura Wan Rashid, Norafifa Mohd Ariffin and Norhidayah Mohd Rashid. 2014. Muslim’s Purchase Intention Towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Science Direct 130 page 145-154.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats