PENGARUH BRAND IMAGE, HALAL AWARENESS, KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH PRODUK KECANTIKAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA

Septi Anisya, Noor Shodiq Askandar, Siti Aminah Anwar

Abstract


Para remaja pada generasi ini merupakan mayoritas konsumen marketplace online seperti Tokopedia, hal ini marak dan digemari karena dinilai memiliki keuntungan lebih ketimbang berbelanja langsung di toko, lebih efisien waktu dan tenaga dan sebagainya. Namun, berbelanja online tentunya tidak menjamin kepastian barang terlebih bagi masyarakat Indonesia mayoritas penganut Islam tentunya lebih aware terutama dalam status halal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, halal awareness, kemudahan dan kepercayaan terhadap perilaku konsumen muslim. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel penelitian ini adalah pengguna marketplace tokopedia sebanyak 90  responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melibatkan beberapa tahap penelitian, yang mencakup penyebaran kuesioner, pengumpulan data, dan analisis data. Kuesioner kemudian diuji menggunakan berbagai metode seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji determinasi (R2), dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan. Namun, variabel halal awareness tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan. Variabel kemudahan juga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan. Namun, variabel kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kecantikan.


Full Text:

PDF

References


Adityo, B., & Khasanah, I. K. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara online di situs kaskus. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Anita Yeni. (2019). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASANKONSUMEN DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM(Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee,Tokopedia, Bukalapak, dan Lazadadi Kota Pekanbaru). In Uin Suska Riau.

Firmansyah, M. A. (2018). Prilaku Konsumen. In Nucl. Phys. Jakarta: Erlangga.

Idroes, F. N. (2008). Manajemen Resiko Perbankan Cet ke-1.

Imam, G. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan IV. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jogiyanto, H. . (2007). Sisitem Informasi Keprilakuan.

John C. Mowen, M. M. (2002). Prilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Juliandi, A. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-ilmu Bisnis. Medan: M2000.

Kemudahan, P., Dan, P., Sularso, R. A., Ekonomi, F., & Jember, U. (2012). Dan Niat Pembelian Online ( Studi Pada Pembelian Batik Di Jawa Timur ). I(2), 17–32.

Kotler, A. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuntjojo, D., Pd, M., & Pengantar, K. (n.d.). PENELITIAN.

Maharani Rositasari. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Manfaat terhadap Sikap Pembelian Produk.

Peurson, V., & Gramedia, P. T. (n.d.). mengetahui, sebetulnya: pernah 1 2. 20–44.

Rahmawaty, P. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788

Rakhman, A., Farida, N., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Studi Pada Pelanggan CV. AHASS Brahma Motor. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 57–69.

Sidharta, I., & Sidh, R. (2014). Pengukuran Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Sikap Serta Dampaknya Atas Penggunaan Ulang Online Shopphing Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 92–100.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Bandung). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen : Implikasi pada Stratedi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahrum, dan S. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: prinsip, penerapan penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats