PENGARUH KEPERCAYAAN, KENYAMANAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI TIKTOK SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MALANG)

Ulfa Muawiyah, Harun Alrasyid, Siti Aminah Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kenyamanan, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian online melalui tiktok shop dalam perspektif ekonomi Islam, dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel penelitian ini berjumlah 108 mahasiswa dari Universitas Islam Malang, yang dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS, melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier berganda, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, variabel kepercayaan (X1), kenyamanan (X2), dan persepsi risiko (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian online (Y) melalui tiktok shop dalam perspektif ekonomi Islam. Secara lebih spesifik, kepercayaan (X1), kenyamanan (X2), dan persepsi risiko (X3) juga memiliki pengaruh parsial yang signifikan terhadap keputusan pembelian online (Y) melalui tiktok shop dalam perspektif ekonomi Islam.

Full Text:

PDF

References


Adityo, B. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs Kaskus. 5(3), 248–253.

Angki Anindita Putri. (2020). Skripsi analisis pengaruh kepercayaan, harga, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian di blibli.com.

Anita, Y. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada di Kota Pekanbaru).

Astria, N. (2021). Intensitas Pembelian Ulang Melalui E-Commerce. 1(1), 31–42.

Asyifa, L. S. (2019). Kenyamanan Dan Kepercayaan Konsumen Blibli.Com Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Online. Journal of Business Management Education (JBME), 2(2), 49–56. https://doi.org/10.17509/jbme.v4i1.5980

Hafizulhaq, F. (2022, March 24). Mengenal Social Commerce sebagai Tren Belanja Online Masa Depan - #DigitalBisa. https://digitalbisa.id/artikel/mengenal-social-commerce-sebagai-tren-belanja-online-masa-depan-GCb9A

Januarti, I. A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kenyamanan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online. 8(5), 55.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Globa).

Ma’ruf, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, dan Kenyamanan terhadap Sikap Konsumen dalam Belanja Online. Jurnal Fakultas Ekonomi, 3, 535–549.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (Edisi 5, J). Erlangga.

Nawangsari, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan , Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 8–9, 8–9.

Oktora, R. (2022). Statistik e-commerce. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Pavlou, P. aul. (2001). Consumer Int ention to Adopt E lect ronic Commerce Incorporat ing Trust and Risk in the Technology Acceptance Mode.

Populix. (2022). The Social Commerce Landscape in Indonesia. September.

Prachilia, D. (2020). Perlindungan Terhadap Pelaku Usaha Dalam Transaksi Jual Beli Dengan Sistem Cash On Deivery Melalui Marketplace Shopee Dan Media Sosial Tiktok.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–202.

Riyono, Astono, A. D., & Novitasari, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Oleh Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Aka Semarang). Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(2017), 61–71.

Rosmiati, R. (2022). Budaya Konsumen Melalui Media Sosial Tiktok Shop (Pola Konsumsi Pada Mahasiswa Milenial Bangka Belitung). Saskara : Indonesia Journal Of Society Studies, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Ruswinda, E., Arifin, R., & Priyono, A. A. (2019). Pengaruh Faktor Harga, Keamanan, Kenyamanan Dan Ketepatan Waktu Terhadap Pembelian Tiket Kereta Api Ekonomi Ac Penataran Jurusan Surabaya-Malang-Blitar ( Studi Kasus Pada Penumpang Kereta Api Ekonomi Penataran Di Stasiun Kota Baru Malang ). E-Jurnal Riset Manajemen, 8(7), 37–46. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/2273

Schiffman, L. ., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen (Edisi 7). PT. Indeks.

Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). CV. ANDI.

Usvita, M. (2016). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Akan Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survey Pada Konsumen Lazada.Co.Id).

Utama, D. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa PT JNE Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Cabang PT JNE di Bandar Lampung). Skripsi.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399–410.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats