ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK HAJI (STUDI KASUS: BANK MUAMALAT)

Dita Wening Rofifah, Nur Diana, Junaidi Junaidi

Abstract


Pada hakikatnya umat muslim yang telah memenuhi syarat wajibnya beribadah haji, seperti beragama Islam, baligh, berakal, merdeka dan kuasa (mampu) maka wajib melakukan ibadah haji. Hikmah yang akan didapatkan setelah melaksanakan ibadah haji yaitu dapat meningkatkan ketaatan dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Karena jumlah calon jemaah haji di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, maka pemerintah Indonesia mendirikan lembaga keuangan syariah untuk membantu calon jemaah haji dalam menabung di lembaga keuangan syariah tersebut. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui minat nasabah atau responden memilih tabungan haji yag berpengaruh terhadap harga, kualitas pelayanan dan promosi. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sampel area sampling. Temuan menunjukkan bahwa minat nasabah dalam memilih produk haji secara signifikan dan positif dipengaruhi oleh promosi, kualitas layanan, dan harga.


Full Text:

PDF

References


Agustita, R. M. (2019). Pengaruh Promosi Dan Tingkat Layanan Terhadap Minat Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh . 59-116.

Amarta, J., & Tamam, D. W. (2019). Asiknya Belajar Rukun Islam .

Ambarwati, R., & Supardi. (2021). Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri. Kabupaten Magelang: Pustaka Rumah C1nta.Hasanah,

Annisa , L., Sari , N., & Nurlina, E. (2021). Analisis Faktor Pendorong Minat Nasabah Dalam Memilih Tabungan Haji Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh . J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 132-139.

Apriliani, N. D., Bachmid, S., & Saifullah , S. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan iB Baitullah Hasanah Pada Bank BNI Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah , 87-93.

Batubara, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT NASABAH MEMILIH TABUNGAN HAJI (STUDI KASUS PT. BANK MUAMALAT.

Fathudin, Muhajir, & Inayah, A. U. (2021). Faktor Pelayanan, Promosi Dan Reputasi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Pada BRI Syariah KCP Magelang Tahun 2019. Al-Bayan: Hukum dan Ekonomi Islam , 37-47.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan . Jakarta : Prenadamedia Group.

Jumadi , A., Hudayanur, & Abusaman, A. (2018). Ibadah Haji Proses Perjalanan, Pelaksanaan dan Keutamaan Tempat & Ritual. Malang : Media Nusa Creative.

Mardani. (2015). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Muamalat, B. (2016). Tabungan iB Hijrah Haji. Retrieved Oktober 27, 2022, from Bank Muamalat: https://www.bankmuamalat.co.id/index.php/tabungan/tabungan-ib-hijrah-haji

Nasution, A. L. (2020). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT CALON JAMAAH HAJI MEMILIH TABUNGAN ARAFAH DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK KCU PADANGSIDIMPUAN . 39-80.

Pasolong , H. (2021). Etika Profesi. Nas Media Pustaka.

Rifa'i, M. (2020). Manajemen Bisnis. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Supriadi. (2018). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats