PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH DAN IJARAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH INDONESIA 2018-2022

Laela Lestari, Noor Shodiq Askandar, Siti Aminah Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Ijarah terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Data yang digunakan adalah data triwulan dari tahun 2018 hingga 2023. Hasil regresi menunjukkan bahwa pembiayaan Mudharabah, pembiayaan Musyarakah, dan Ijarah berpengaruh positif terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 untuk ketiga variabel independen. Nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel independen terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembiayaan Mudharabah, pembiayaan Musyarakah, dan Ijarah merupakan faktor yang berpengaruh positif terhadap profitabilitas Bank Syariah Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Aditya, M. R. (2016) ‘Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah Indonesia’.

Antonio, M. S. (2018) Bank Syariah dan Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Arfan, D. M. (2014) ‘Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah terhadap Profitabilitas Bank Pengkreditan Rakyat Syariah’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Enang, H. (2016) Transaksi Ekonomi Syari’ah. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Fadhila, N. (2015) ‘Analisis Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Laba Bank Syariah Mandiri’, Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), pp. 52–64.

Fadholi, A. D. (2015) ‘Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2011-2014)’, Journal of Accounting.”

Fauzi, A., Nurul, N., & Wulandari, A. (2017). Analisis Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Mudharabah, dan Pembiayaan Ijarah terhadap Profitabilitas Bank BSI Syariah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), 137-148.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, U., & Yulianti, E. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah Mandiri Periode 2013-2017. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(1), 1-14.

Ma'ruf, A. (2015). Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Mudharabah, dan Pembiayaan Ijarah terhadap Profitabilitas Bank BSI Syariah. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Islam, 1(1), 57-70.

Muwahid (2016) ‘Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Ijarah terhadap Kemampulabaan’, Jurnal Riset Akuntansi.

Pratama, D. N., Martika, L. D. And Rahmawati, T. (2017) ‘Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, dan Sewa Ijarah terhadap Profitabilitas’, Jurnal Ilmiah, 3(1), pp. 53–68.

Rizqi, N. W. (2017) ‘Anlisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Ijarah terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia’, Jurnal Akuntansi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats