PENGARUH PENGETAHUAN, PROSPEK BISNIS DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPATUHAN SERTIFIKASI HALAL PENGUSAHA KULINER KECAMATAN PACIRAN LAMONGAN

Fidyah Qurrota A'yun, Dwiyani Sudaryanti, Abdullah Syakur Novianto

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan pengaruh pengetahuan (X1), Prospek Bisnis (X2) dan Kesadaran Halal (X3) terhadap kepatuhan sertifikasi halal secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian Ialah pedagang kuliner diKecamatan Paciran Lamongan sebanyak 86 responden.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian purposive sampling. Dalam penelitian ini, kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Uji validitas dan Uji reliabilitas digunakan untuk mengukur kinerja dari istrumen tersebut. Tidak hanya itu penelitian ini menggunakan  Uji normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Analisa regresi Linier Berganda, Uji F, Uji T, dan Uji R2.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable pengaruh, Prospek bisnis, kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap variable kepatuhan sertifikasi halal, pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan sertifikasi halal. Prospek Bisnis berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan sertifikasi halal. Kesadaran Halal berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan sertifikasi halal.


Full Text:

PDF

References


Barokah, S. (2020). Penerapan Sertifikasi Halal Pada Umkm Produk Makanan Kue Lapis Legit Kabupaten Merangin. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 72. Retrieved from http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4520

Fabiana. (2019). Halal Awaewnwss Peran Ijtihad Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Akan Produk Halal Bagi Muslim Milenial. 8, 32–41.

Fauziyah, L. (2022). Kewirausahaan dan Bisnis - Google Books. Retrieved January 28, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Kewirausahaan_dan_Bisnis/frlbEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=indikator+prospek+bisnis&pg=PA55&printsec=frontcover

Harminingtyas dkk. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal di Semarang. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 8(2), 103–112.

Munir, M. dkk. (2019). Pengaruh Pengetahuan Halal, Kesadaran Halal (Halal Awareness) Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Madura. Agroindustrial Technology Journal, 3(2), 95. https://doi.org/10.21111/atj.v3i2.3858

Ramadania dkk. (2020). Potensi dan prospek makanan lokal khas daerah dalam meningkatkan minat wisatawan setelah melakukan perjalanan wisata di provinsi kalimantan barat. THE 8th MANAGEMENT BREAKTROUGH AND DOCTORAL JOURNEY 2020, 14, 211–213.

Sahputra, A., Nurlatifah, H., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Al, U., Indonesia, A., … Al, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan , Religiusitas , dan Halal Terhadap Keputusan Memilih Melalui Attitude dan Brand Trust Pada Bakeri Modern ( Studi Kasus 3 Bakeri Top Brand ). 1(1).

Said dkk. (2018). Assessing Consumers’ Perception, Knowledge and Religiosity on Malaysia’s Halal Food Products. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130(2018), 120–128. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.015

Saputra dkk. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Mahasiswa Feb Umj). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1521. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1185

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.

Sumarwan. (2011). perilaku konsumen : teori dan penerannya dalam pemasaran (Graha Indo).

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). The Effect Halal Certificatiom and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Syafnidawati. (2020). Data primer - Universitas Raharja. Retrieved from https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-primer/

Wajdi, Diana, & Susanti. (2021). kebijakan hukum produk halal di indonesia. jakarta.

Wulandari, D. E. (2022). Pengaruh Label Halal, Religiusitas dan Sikap Produsen Terhadap Kepatuhan Sertifikasi Halal Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lumajang. Skripsi, 1–198. Retrieved from http://digilib.uinkhas.ac.id/9368/

Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats