PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, AKSES PEMBIAYAAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK BTPN SYARIAH (Studi Pada Nasabah BTPN Syariah di Kec. Dau, Kab.Malang)

Achmad Sumarsono, Dwiyani Sudaryanti, Ahsani Taqwiem

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak dari tiga faktor, yaitu kualitas pelayanan, akses pembiayaan, dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah Bank BTPN Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang terdiri dari 95 nasabah Syariah yang diambil secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner (angket) dan dianalisis menggunakan berbagai teknik statistic seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, uji F simultan, koefisien determinasi dan uji t. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, kualitas pelayanan, akses pembiayaan, dan citra perusahaan secara signifikan mempengaruhi loyalitas nasabah Bank BTPN Syariah. Secara parsial, variabel kualitas pelayanan, akses pembiayaan, dan citra perusahaan masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah Bank BTPN Syariah.


Full Text:

PDF

References


Agustina, I. Y., Satoto, E. B., & Nyoman, M. N. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Syariah dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT BTPN Syariah Tbk . Area Genteng-Banyuwangi). Universitas Muhammadiyah Jember, 1.

Apriyanti, P., Surya, D., & Lutfi. (2017). Analisis Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), 159–166. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM

Fauzi, F., & Putra, P. (2020). Analisis Jalur Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening di Bank BNI Syariah. MASLAHAH (Jurnal Hukum Islam Dan Perbankan Syariah), 11(1), 33–41. https://doi.org/10.33558/maslahah.v11i1.2758

Febriyanto, D. P., Soegiono, L., & Kristanto, A. B. . . (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi …, 9(2), 147–160. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJA/article/view/21010

Hardiyanti, R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan ( Villa ) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Ratih Hardiyati, 1(1), 1–169. http://eprints.undip.ac.id/23450/1/Skripsi.pdf

Herawati, N., Hidayat, A., & Suwarsito, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mitra Manajemen, 2(5), 522–535. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i5.157

Maylina, D., & Mulazid, A. S. (2018a). Analisis Pengaruh Service Quality , Customer Relationship Management Dan Keunggulan Produk. Islamadina, 19(1), 90–105.

Maylina, D., & Mulazid, A. S. (2018b). No Title. ANALYSIS OF EFFECT OF SERVICE QUALITY, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMNET AND ADVANTAGES OF SAVING PRODUCTS TO CUSTOMER LOYALTY IN BANK BRI SYARIAH, 19.

Pentana, D. R. (2019). Akses dan dampak pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (Umkm) agribisnis koperasi keluarga mitra manunggal, Kota Tangerang Selatan. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47424

Sari, R. J., & Aprianti, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Loyalitas Nasabah. JEMPER (Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 2(2), 77. https://doi.org/10.32897/jemper.v2i2.377

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R%D. Alfabte.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats