PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA BERDONASI (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Malang)

Vanisa Venti Wijaya, Nur Diana, Harun Alrasyid

Abstract


Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap bencana alam. Donasi merupakan salah satu alternatif yang dipilih oleh masyarakat untuk membantu sesama yang terkena dampak bencana. Mahasiswa yang menjadi agen perubahan merupakan bagian penting dari elemen masyarakat untuk membantu mengatasi bencana dalam hal evakuasi hingga pemulihan ekonomi sedangkan mahasiswa yg memiliki pengetahuan literasi keuangan syariah dan kedekatan spiritual keagamaan yang baik akan lebih peka terhadap aksi kemanusiaan dibandingkan dengan siswa yg tidak tahu. Penelitian ini menguji pengaruh literasi keuangan syariah dan tingkat religiusitas terhadap keputusan mahasiswa berdonasi. Metode penelitian yang digunakan korelasional. Hasilnya menunjukkan literasi keuangan syariah dan tingkat religiusitas berpengaruh terhadap keputusan berdonasi.


Full Text:

PDF

References


Charities Aid Foundation. 2022. “World Giving Index 2022 The Charities Aid Foundation is a leading charity.” : 26. www.cafonline.org to.

Dinar Standard. 2021. “State of the Global Islamic Economy Report 2020/2021.” State of the Global Islamic Economy Report 2020/21: 4–202. https://haladinar.io/hdn/doc/report2018.pdf.

Insiyatun Nafidzah. 2020. “Analisis Faktor – Fator Yang Mempengaruhi Keputusan Berdonasi Secara Online Di KITABISA.COM.” https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/viewFile/6561/5723 (November 5, 2022).

Khairunnisa, Aziza Hanifa, Jahtu Widya Ningrum, Nurul Huda, dan Nova Rini. 2020. “Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6(2): 284.

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. “Undang - Undang OJK.” Peraturan Otoritas Jasa Keuangan 53(9): 1689–99. https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/regulasi/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-tentang-Peningkatan-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-di-Sektor-Jasa-Keuangan-Bagi-Konsumen-dan-atau-masyarakat/SAL - POJK Literasi dan Inklusi Keuang.

Purwanto, Erwan Agus. 2007. “Mengkaji Potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk pembuatan Kebijakan Anti Kemiskinan.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 10(3): 295–324.

Safira Hasna, dan Irwansyah. 2019. “Pengaruh Inovasi Crowdfunding Terhadap Keputusan Berdonasi.” Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 10(2): 144–56.

Sugiyono. 2015a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

———. 2015b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALABETA CV. Bandung.

Wardani, Ummu Chairu. 2020. “Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Terhadap Keputusan Berdonasi Dengan Pemoderasi Religius Di Lembaga Sahabat Yatim Dhuafa Jawa Timur.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats