Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA 2018-2020)

Afton Hilman Huda

Abstract


The purpose of this study is to determine and examine the impact of perception, knowledge, and motivation on the intention of 2018-2020 FEB UNISMA students to save in Islamic banks. Correlational quantitative research is the method used. 96 2018-2020 FEB UNISMA students made up the sample for this study. Information assortment was completed by dispersing surveys. Using the results of the t-test, the coefficient of assurance, the legitimacy test, the dependability test, the ordinariness test, the multicollinearity and heteroscedasticity tests, and the concurrent F test, an examination of the data used in this review. This study found that the intention to save in Islamic banks is significantly influenced by perception, knowledge, and motivation variables. Although 1) perception has a small effect on saving intentions, 2) knowledge has no significant effect, and 3) motivation has a small effect on saving intentions.


Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. 1994. Psychology, Social Work and Social Welfare. 1st ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asori, Mohammad. 2007. Learning Psychology. First. Bandung: CV. Prime Discourse.

Astuti, Nur Tri Refi 2020. Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Pada Masyarakat Mlarak Kecamatan Ponorogo

” “Pudji, Astuty, and Umiyati Umiyati Studi Kasus Masyarakat Kota Tangerang Selatan: “Pengetahuan Masyarakat Sebagai Variabel Pemoderasi: Pengaruh Agama terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah” Notorious, 3:1 doi: 10.24042/febi.v3i1 .2229.

Busriadi, Putri Setiani, Isamuddin Isamuddin, dan Busriadi 2021.” Studi Kasus Mahasiswa Institut Agama Islam Febi Yasni Bungo: Pengaruh Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah Terhadap Pemahaman dan Motivasi Mahasiswa 19 Tamwil 7:2 10.31958/jtm.v7i2.4512.

PADA. R., Dina, Damayanti, Cahyono, dan Sisca: “Studi pada Masyarakat Desa Sungai Keledang,” PT Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo. Pengetahuan, reputasi, ketergantungan, dan motivasi semuanya berperan dalam keputusan PT Bank Syariah Indonesia untuk menabung. 2017. “Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang X Dalam Kaitannya dengan Pandangan Islam, Pelayanan, dan Keamanan, Jurnal Manajemen Pelayanan dan Pemasaran 9:1.doi: 10.25105/jmpj.v9i1.1412.

Ang, Firmansyah. 2018. Perilaku Pelanggan (Pemasaran dan Sikap) Edisi pertama diedit oleh D. Novidiantoko dan E. R. Fadilah. yogyakarta: CV Ghozali adalah Pertimbangan Utama. 2018. Memanfaatkan software analisis multivariat IBM SPSS 25. Semarang: The Diponegoro University Press

Imam Gozali 2011. Pemanfaatan Program SPSS untuk Analisis Multivariat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Imam Gozali 2013. Penggunaan Ujian Multivariat dengan IBM SPSS 21 Update PLS Relapse Program. Semarang: Perguruan Tinggi Diponegoro

Gupron, Andri Yandi, dan Gupron 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Pada Dana Cadangan Bank Syariah Kota Jambi” 2(5):817-27, Administration Global Diary of The board Sciences. doi: 10.31933/dijms.v2i5.951.

D.A.N. Bisnis 2017, Julian Hasmi, Program Studi, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Islam Klien Non Muslim Bisa Menabung.

Yudrik, Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Grup PRANA Media

Karim's The Adwarman (2011) Dalam BANKISLAM, Analisis Keuangan dan Fiqh Jakarta: Edisi Keempat PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Aat Agustin, Wawan, dan Kurniawan 2021. Metodologi penelitian keperawatan dan kesehatan ed. A. Rahmawati adalah editornya. Cirebon Jawa Barat: CV. RUMAH PERPUSTAKAAN.

Muhammad. 2004. Aset Bank Syariah Para Pelaksana. edisi pertama. yogyakarta: econicia.

Muliadi. 2020. Pemikiran umum Busro sebagai editor. Bandung: Staff Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung OJK. 2017. “Hukum Syariah. http://www.ojk.go.id/en/kanal/syariah/Pages/Banking-Syariah.aspx sampai pada 6 April 2022.

OJK. 2021a. Oktober 2021: Hingga 22 Januari 2022, preview perbankan syariah dapat dilihat di https://www.ojk.go.id/en/kanal/syariah/beritadanactivity/publikasi/Pages/Depiction Perbankan-Syariah- September-2021.aspx.

OJK. 2021b. “Strategi Instruksi Keuangan Publik Indonesia (SNLKI) 2021-2025. sampai dengan 23 Januari 2022 di http://www.ojk.go.id/id/berita-and-movement/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx.

Perwataatmadja, Muhammad Syafi'i Antonio, dan Karnaen, 1992. Apa yang dilakukan bank Islam pertama dan bagaimana mereka bekerja. yogyakarta: Dana WAKAF BHAKTI.

Jerry C. Olson, Diah Tantri Dwiandani, Petter, J. Paul, dan lain-lain 2013. Strategi Pemasaran dan Perilaku Konsumen Sembilan. Jakarta: Empat Salemba.

Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Penerbitan Zifatama

Andry Trijumansyah, Iis Iskandar, Putri, Yulia, Ani Solihat, Rani Rahmayani, dan Strategi 2019 Peningkatan Pendapatan Tabungan di Bank Syariah Menggunakan Eksekusi Legalisme" 16(1):77–88 adalah Jurnal Manajemen Bisnis dan Kinerja. doi: 10.29313 /performa.v16i1.4532.

Qumalasari, Idah. 2021. Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Pada Bsi Kcp Ponorogo Cokroaminoto Menggunakan Metode Partial Least Square (Pls)

Jalaluddin, Rahmat 2008. Psikologi Komunikasi Tujuh. T. Surjaman sebagai editor. Bandung: Anak Rosdakarya.

Slamet dan Santoso 2013. Aplikasi SPSS dan statistik ekonomi. Ponorogo: Ponorogo Press, Universitas Muhammadiyah.

Aris, Dwi Moch Saputro 2020. “ Investigasi Empiris IAIN Tulungagung Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah Jurusan Perbankan Syariah: Dampak Kearifan, Informasi, dan Inspirasi Terhadap Premi Menabung di Bank Syariah, 7(1 ):1-33 .

Septian. 2021. Penerapan 4 Teori Motivasi Jakarta: Pengaruh Promosi, Persepsi, Keyakinan, Pengetahuan, dan Kelompok Referensi terhadap Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syariah (Siagian 2016, Sondang P. Cipta Rineka, Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah)

Sugihartono, Siti Rohmah Nurhayati, dan Farida Harahap. 2007. Psikologi Pendidikan. rilis pertama. Yogyakarta: Pers UNY.

Sugiyono. 2015. Eksplorasi Instruktif Strategi Pendekatan Kuantitatif, Subjektif, dan Penelitian dan Pengembangan. CV ALABETA Bandung.

Sugiyono. 2016. Strategi Eksplorasi Kuantitatif, Subyektif, dan Riset dan Pengembangan. Penerbit Abjad Bandung.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Litbang Edisi Kedua. Bandung: CV: Alfabet.

Ujang dan Sumarwan 2015. Perilaku Membeli: Teori Pemasaran dan Penerapannya 3rd ed. R.Sikumbang sunting. Bogor: Indonesia adalah Ghalia.

Ana Maftukhah dan Sunardi 2015. “Pengetahuan dan Keputusan Pelanggan untuk Membeli dari PT. Bank Tangerang Selatan Syariah Mandiri KCP BSD The Islamic Journal 6(2):35-51 diakses pada 10 September 2021.

Wiwin, Sunarsih. 2020. CTL (Relevan dan Menjemput) Memahami, Cara Menyusun Berita Lebih Sederhana. Pertama. Z.Arifin sebagai editor. Jawa Barat: Penerbit, Adab.

Terima kasih, Andi. 2007. Studi deskriptif, inferensial, dan nonparametrik menggunakan statistik. edisi pertama. Jakarta: Grup Media Prenada Kencana.

Hamzah B. Uno (2016) Teori Motivasi dan Cara Mengukurnya di Kelas Edisi ke-14. Junwinanto mengeditnya. Jakarta: Bumi Aksara, PT.

Ida Warsah, Muhammad, dan Uyun 2021. Psikologi Pendidikan. yogyakarta: CV UTAMA BUDI

Wahosumidjo. 1992. Motivasi dan arah. edisi pertama. Jakarta: Indonesia adalah Ghalia.

Bimo, Walgito. 1989. Survei singkat penelitian otak umum. cetakan pertama yogyakarta: Offset Andi.

winarti. 2021. “ Kajian ini dipublikasikan di jurnal fakultas Pengetahuan Pelanggan dan Minat Menabung di BNI Syariah KCP Kuningan 2(2):5–24.

“Di Kelompok Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo, Dampak Diskresi dan Informasi Penerimaan Dana Cadangan Bank Syariah” oleh Eva Wijayanti Yesika Tahun 2019. 2):1–13.

Vinna Sri, Yuniarti. 2015. Teori dan Penerapan Perilaku Konsumen edisi ke-1. Bandung: Perpustakaan Terpercaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats