PENGARUH PROMOSI, PERILAKU KEUANGAN DAN KELATAHAN INVESTOR BAGI MINAT BERINVESTASI PRODUK LOGAM MULIA DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Cabang Landungsari)
Abstract
penelitian ini bertujuan sebagai analisator dan mengetahui bagaimana pengaruh promosi, perilaku
keuangan dan kelatahan investor pada pegadaian syariah cabang Landungsari bagi minat berinvestasi logam
mulia.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan korelasi yang dijelaskan dengan angka dan memiliki
hubungan. Penelitian ini memiliki sampel yaitu 75 nasabah atau investor pegadaian syariah cabang Landungsari.
Proses pengumpulan data diawali dengan penyebaran kuesioner. Proses analisis data diawali dengan
menggunakan proses pengujian validitas isi dan kriteria. Kemudian berbagai macam uji asumsi klasik meliputi
uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi R dan uji hipotesis T secara
parsial dan F secara parsial dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa perubahan periklanan, perilaku keuangan dan keterampilan investor secara simultan dan signifikan
mempengaruhi minat pegadaian Syariah Landungsari untuk berinvestasi pada logam mulia. Sementara itu :1)
Promosi berpengaruh signifikan bagi minat investasi nasabah, 2) Perilaku keuangan tidak berpengaruh signifikan
bagi minat investasi nasabah, 3)kelatahan investor memiliki pengaruh signifikan bagi minat investasi nasabah
keuangan dan kelatahan investor pada pegadaian syariah cabang Landungsari bagi minat berinvestasi logam
mulia.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan korelasi yang dijelaskan dengan angka dan memiliki
hubungan. Penelitian ini memiliki sampel yaitu 75 nasabah atau investor pegadaian syariah cabang Landungsari.
Proses pengumpulan data diawali dengan penyebaran kuesioner. Proses analisis data diawali dengan
menggunakan proses pengujian validitas isi dan kriteria. Kemudian berbagai macam uji asumsi klasik meliputi
uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi R dan uji hipotesis T secara
parsial dan F secara parsial dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa perubahan periklanan, perilaku keuangan dan keterampilan investor secara simultan dan signifikan
mempengaruhi minat pegadaian Syariah Landungsari untuk berinvestasi pada logam mulia. Sementara itu :1)
Promosi berpengaruh signifikan bagi minat investasi nasabah, 2) Perilaku keuangan tidak berpengaruh signifikan
bagi minat investasi nasabah, 3)kelatahan investor memiliki pengaruh signifikan bagi minat investasi nasabah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal