ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENDAMPINGAN, DAN MODAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM

Siyamun Khatimah

Abstract


Pada triwulan ke III-2022, pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia meningkat sebesar 5,72%, dengan
UMKM memainkan peran penting sebanyak 99% dari seluruh unit usaha. Namun, UMKM menghadapi kendala
dalam hal permodalan, tercatat pada akhir tahun 2022 terjadi peningkatan pembiayaan dari lembaga keuangan
syariah sebesar 15,56%. Memiliki tujuan guna menganalisa adanya pengaruh kualitas layanan, pendampingan,
dan modal pada keberhasilan usaha UMKM yang menjadi nasabah Bank Syariah di Kabupaten Malang.
Pendekatan yang digunakan merupakan jenis kuantitatif korelasional dan melibatkan 75 responden sebagai
sampel dan jawaban responden didapatkan dengan cara menyebarkan angket. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas layanan, pendampingan, dan modal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keberhasilan UMKM. Secara individual, kualitas layanan, pendampingan, dan modal memiliki
pengaruh keberhasilan usaha UMKM. Perlu diperhatikan bahwa kualitas layanan dalam penelitian ini berbeda
dengan dimensi yang digunakan pada lembaga konvensional.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats