PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PROMOSI PRODUK (Studi Kasus Proyek POWER CRISPY Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Batch 2)

Hamidah Hamidah, Afifudin Afifudin, Harun Alrasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Promosi Produk (Studi Kasus Proyek POWER CRISPY Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Batch 2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik interview (wawancara) dan teknik dokumentasi. Dari hasil kajian diketahui bahwa promosi yang dilakukan POWER CRISPY sudah sesuai dengan etika bisnis Islam dilihat dari nilai-nilai yaitu nilai 1). Sincerity (Tulus/Ikhlas), 2). Honesty (Kejujuran), 3). Meaningful (Promosi yang Bermakna), 4). Accountability (Tanggung Jawab/Amanah). Etika bisnis Islam yang diterapkan POWER CRISPY dalam promosinya telah mengupayakan barangnya yang sesuai dengan barang yang ada di perusahaan/riil kondisi barangnya, tidak melebih-lebihkan, tidak merugikan pihak manapun, dan tidak melanggar aturan aturan Islam dalam berpromosi.

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2011). Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi (Cetakan Ke). Rineka Cipta.

Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing (7th ed.). National Library of Australia.

Assauri, S. (1996). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan strategi. Raja Grafindo Persada.

Badawi, J. A. (2001). Islamic Business Ethics.

Bplawyers. (2018). nama-nama produk seperti ini tidak akan lolos sertifikasi halal. https://bplawyers.co.id/2018/07/10/nama-nama-produk-seperti-ini-tidak-akan-lolos-sertifikasi-halal/

Carney, F. . (1983). Some aspects of Islamic ethics. The Journal of Religion.

Chairani, D. (2019). Pentingnya Sertifikasi Halal untuk Sebuah Produk. Tribunnews.Com.

Djakfar, M. (2007). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. UIN Malang Press.

Hadits Jual Beli” (On-Line). (2017). http://www.mutiarahadits.com

Hanafi, A. ., & Sallam, H. (1997). Business ethics: an Islamic perspective. Islamic principles of business organisation and management.

Hanifah, H. (2019). Analisis Strategi Promosi Bisnis Online pada Batik Laras ditinjau dari Etika Bisnis Islam.

Hanif, H. (2018). Landasan Syariah dalam Etika Periklanan. : : Jurnal Bidang Kajian Islam, 4, 84–96.

Hartman, L. P. (2005). Perspectives in business ethics. McGraww Hill/Irwin.

Hikmawan, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Valume Penjualan dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Toko Ags Kuningan).

Jenis Usaha Dianjurkan Dalam Islam. (2020). Opopjatim.

Iskandar, D. W. (2020). Promosi Penjualan Dalam Prespektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus Pada UD. Meubel Enam Enam Jungcangcang Pamekasan). Institut Agama Islam Negri Madura.

Kholidi. (2007). Etika Bisnis Dalam Islam. 70.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

M. Mursid. (2014). Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara.

Muhammad. (2002). Etika Bisnis Islam. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Muhammad, A. H. (2007). System Operasional Pemasaran Syariah.

Muslim, M. N. I. (2021). Kriteria Iklan Yang Syar’i. Muslim.or.Id. https://muslim.or.id/20313-kriteria-iklan-yang-syari.html

Nurdin, M., & Dkk. (1995). Moral Dan Kognisi Islam. Alfabeta.

Permanasari, L. (2018). Saluran Distribusi Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Supermarket Sakinah Surabaya. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah.

Philip Kotler, & Armstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Prawirosentono, S. (2005). Manajemen Operasi (Cetakan Ke). Bumi Aksara.

Rahmah, S. N. (2017). Peran Promosi Pada Pembentukan Citra Perusahaan Zoya Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Reinhart, A. K. (1983). Islamic law as Islamic ethics. The Journal of Religious Ethics.

Rice, G. (1999). Islamic ethics and the implications for business. Journal of Business Ethics.

Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh literasi keuangan syariah dan shariah governance terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan jasa perbankan syariah: studi kasus pada …. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1(1), 79–106.

S, S. (2011). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Salemba Empat.

Setyaningsih, T. A. (2013). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Penjualan Menurut Perspektif Islam.

Stanton, W. J., Etzel, M. J., & Walker, B. J. (1991). Fundamentals of Marketing. McGraw-Hill.

Subagiyo, R. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan Penerapan. Alim’s Publishing.

Supriadi Muslimin, Zainab Zainab, W. J. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Gowa.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya.

Usman, B. (2002). Media pendidikan. Ciputat Press.

Widya, A. (2018). Analisis Strategi Promosi Dan Pelayanan Pariwisata Guna Meningkatkan Jumlah Pengunjung Dipantai Sari Ringgung Pesawaran Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats