PENGARUH PELAYANAN, LOKASI DAN PROFIT SHARING/BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT NON MUSLIM MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada Masyarakat Non Muslim di Kupang Nusa Tenggara Timur)

Siti Ridwan, Maslichah Maslichah, Harun Alrasyid

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan, lokasi dan profit sharing/bagi hasil terhadap minat masyarakat non muslim yang ada di kupang Nusa Tenggara Timur menjadi nasabah di bank syariah. Pengumpulan data ini menggunakan data primer melalui kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada masyarakat non muslim yang mempunyai rekening bank syariah atau pernah menggunakan produk bank syariah sebanyak 100 responden.Berdasarkan hasil uji t:variabel pelayanan (X1) diperoleh t hitung sebesar 3.408 dan signifikan 0.001 < 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di bank syariah. Variabel lokasi (X2) diperoleh t hitung sebesar 1.478 dan signifikan 0.143> 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel lokasi (X2) tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di bank syariah. Variabel profit sharing/bagi hasil (X3) diperoleh t hitung sebesar -0.102 dan signifikan 0.919 > 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel profit sharing/bagi hasil (X3) tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah di bank syariah.
Kata Kunci: Bank Syariah, Minat Menjadi Nasabah, Non Muslim, Pelayanan, Lokasi dan Profit Sharing/Bagi Hasil.


Full Text:

PDF

References


Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: dari Teori dan Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Ascarya.(2007). Akad Dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Fadhilah, Anggi. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Kantor Cabang BCA Syariah Yogyakarta.Factors Affecting Non-Muslim Customers As A Customer In BCA Syariah Bank, Branch Yogyakarta.

Hapsari, F. T., & Beik, I. S. (2014).Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Non-Muslim dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah di DKI Jakarta. Jurnal Al-Muzara’ah, 2(1), 69–87.

Kasmir.(2010). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kinnear, Thomas C dan Taylor, James R. 1995.Riset Pemasaran. Alih Bahasa. Yohanna Lamarto; Jilid II.Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. (2000). Marketing Management.International Edition. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad Syafii Antonio, Bank Syariah : Dari Teori ke Praktek. Hal. 43

Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: Stim Ykpn.

Rifai, Nur. (2017). Persepsi Masyarakat Non Muslim Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Surakarta.

Siddiqi, M. N. (2010). Bank Islam. Bandung: Pusaka.

Suyanto, Mohammad. 2009. “Riba dalam Berbagai Agama.” Journal Amikom 1.

Yupitri, E., & Sari, R. L. (2012).Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan.Jurnal Ekonom dan Keuangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats