PERAN BANK SYARIAH TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DI KOTA MALANG ( BANK SYARIAH INDONESIA KCP MALANG PASAR BESAR )

Devi Liffiani, Nur Diana, M. Cholid Mawardi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam lagi tentang peran bank syariah terhadap perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa saat ini pelayanan Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pasar Besar terhadap pembiayaan nasabah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) bisa dikatakan sudah sesuai prosedur pembiayaan pada bank tersebut dan memiliki proses yang cepat serta mudah dalam pencairan dananya. Yang artinya keberadaan Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pasar Besar memiliki peran penting serta sangat berpengaruh dan memberikan dampak positif bagi perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Kota Malang, dilihat dari semakin bagusnya perkembangan usaha nasabah yang sudah melakukan pembiayaan dengan mengalami kenaikan pendapatan, kenaikan omzet penjualan, penambahan tenaga kerja, dan pembukaan cabang usaha. Adapun upaya yang dilakukan bank syariah dalam pembiayaannya yaitu dengan melakukan sebar brosur dan promosi terjun langsung kelapangan, serta melakukan restrukturisasi pembiayaan.
Kata Kunci: Pembiayaan, Bank Syariah, UMKM


Full Text:

PDF

References


Andrianto, And M. Anang Firmansyah. (2019). “Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori Dan Praktek),” 1–489.

Ali, Zainuddin. (2018). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.

Bankbsi.co.id. (2021). “Bank-Syariah-Indonesia-Incar-Bisnis-Umkm-Hingga-Ritel @ Www.Bankbsi.Co.Id.”

BKPM. (2021). “Upaya-Pemerintah-Untuk-Memajukan-Umkm-Indonesia @ Www.Bkpm.Go.Id.”

Depkop. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar. Www.Depkop.Go.Id, 2000(1), 1.

Dianita, Ilfa, Heri Irawan, and Andi Deah Salsabila Mulya. (2021). “Peran Bank Syariah Indonesia Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.” Asy-Syarikah 3 (2): 147–48.

Firmansyah, Aditia Iqbal. (2019). “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Tulungagung. 53 (9): 1689–99.

Jennings, P., & Beaver, G. (1997). The Performance and competitive advantage of small firms: A management perspective. International Small Business Journal, 15(2), 63-75.

Juanda, Ahmad, Muhammad Sri Wahyudi Suliswanto, Aris Soelistyo Boedirochminarni Afrida, Muhammad Khoirul Fuddin, Idah Zuhroh, Fika Fitriasari, Muhammad Faisal Abdullah, Dkk. (2015). Membangun Ekonomi Nasional Yang Kokoh. Malang, Jatim: Ummpress.

Mardani. (2015). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia, Cetakan Pertama, Kencana, Jakarta.

Muryasari, Yunita. (2017). “Kontribusi Perbankan Syariah Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia,” 9–25.

Ritonga, Nasrun, and Rini Viri Insy Sinaga. (2021). “Semnastek 2021.” Ekonomi, no. 2013: 181–88.

Sumardi dan Zulpahmi. (2017). Peran baitul maal wat tamwil husnayain terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 1(1), 68-89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats