PENGARUH GAYA HIDUP (LIFESTYlE) DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE WARDAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang)

Kundrianingsih Kundrianingsih, Nur Diana, Harun Alrasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian skincare Wardah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya hidup dan labelisasi halal, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian skincare Wardah di Kecamatan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang digunakan berupa angka dan angka. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner berupa google form, peneliti membagikan daftar pertanyaan kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang yang menggunakan skincare Wardah untuk menjadi responden dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS Versi 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (0,000 > 0 0,05), variabel labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (0,000 < 0,05).
Kata kunci: keputusan pembelian, gaya hidup, labelisasi halal


Full Text:

PDF

References


Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal Lifestyle Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57–81.

Armstrong, & Gary. (2018). Principles of marketing. In BSAVA Manual of Small Animal Practice Management and Development. https://doi.org/10.22233/9781910443156.25

Fauziah, Arrauf, I. F., & Fahrizal. (2018). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmestik (Studi Kasus: Mahasiswi FEBI IAIN Langsa). Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2–7.

Haidayatullah, D. (2018). Pengaruh Label Halal Pada Pertumbuhan Kosmetik Dan Pandangan Wanita Muslim Negara Islam Dunia. Kompetensi, 12(1), 1–10.

Kotler, P. (2001). Prinsip Prinsip Pemasaran (Jilid 1 Ed). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 1. E). Erlangga.

Rafita, H. Z. (2017). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmestik. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Revi, A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmestik Wardah. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sahir, S. H., Ramadhani, A., & Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–15.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen (Edisi Pert). Graha Ilmu.

Syabeh, G. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmestik Wardah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wibowo, D. E., & Mandusari, B. D. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73.

Yuswohady. (2015). Marketing to the Middle Class Muslim-Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats