PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VITAMIN PENAMBAH IMUN DI ERA PANDEMIC COVID-19 (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KECAMATAN KALIPARE)

Dinda Vega Kharisma, Maslichah Maslichah, M. Cholid Mawardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek terhadap keputusan pembelian vitamin penambah imun di era pandemic covid-19 pada masyarakat di Kecamatan Kalipare.. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Kalipare. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan teknik non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dengan alat analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai (0,000 < 0,05), variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliandengan nilai (0,000 < 0,05).

Full Text:

PDF

References


Arifin, Atwal & setyaningrum, Desy. 2022. “Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi, Citra Rasa, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Kanzler Oleh Generasi Milenial.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 10 (1): 420–27.

Fera, Fera, and Charisma Ayu Pramuditha. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang.” Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen 3 (1): 1–13. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1611.

Hasan. K. S. 2015. “Formulasi Hukum Dan Pentingnya Jaminan Kepastian Hukum Produk Pangan Halal Dalam Hukum Nasional.” Jurnal Nurani 2: 47–74.

I Mardalena & E. Suryani. 2016. “Ilmu Gizi.” Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan, 3–4.

Imamuddin, M. 2017. “Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukittinggi T.A 2016/2017.” Ekonomika Syariah 1 (1): 34–47.

Kotler & keller. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. 1st ed. Jakarta: Erlangga.

Prastya & Suryadi. 2020. “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Korea Pada Konsumen Di Kota Metro.” Jurnal Manajemen.

Rahman, Rahmawati. 2018. Pengaruh Labelisasi Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponds White Beauty Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Bisnis Dan Manajemen. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11796/.

Salman & Siddiqu. 2011. “An Exploratory Study for Measuring Consumer Awareness and Perception towards Halal Food in Pakistan.” Interdiscplinary Journal of Contemporary Research in Business.

Supranto & Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi Kedu. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tjiptono & Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedu. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats