PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI SELF SERVICE TECHNOLOGY TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNISMA DALAM PENGGUNAAN LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2018 dan 2019)

Melinda Ramadhanti, Noor Shodiq Askandar, M Cholid Mawardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai pengaruh Self Service Technology Yang meliputi Automatic Teller Machine / ATM (X1), Internet Banking (X2), Mobile Banking (X3) terhadap kepuasan mahasiswa (Y), baik secara parsial maupun simultan (Y). Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2018 dan 2019 dan Mahasiswa yang menggunakan minimal satu layanan Self-Service Technology (SST). Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian sebanyak 95 responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian dilakukan analisis menggunakan model statistik parametrik regresi linier berganda. Uji F dan uji t juga dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel independen baik secara simultan maupun parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa pengguna layanan digital bank syariah


Full Text:

PDF

References


Dharmawan, S. (2018). Pengaruh Digitalisasi Perbankan Melalui Selfservice Technology (Sst) Terhadap Perilaku Nasabah Prioritas. Jurnal.Unej.Ac.Id. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/9217/6171

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Mutivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Grace, D. (2017). Analisis Pengaruh Automatic Teller Machine Dan Short Message Service Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 3(1), 39–50.

Islam, E., Ekonomi, F., Universitas, I., Pos, K., Perbankan, J., Fakultas, S., Islam, E., & Djuanda, U. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP INTERNET BANKING FACTORS AFFECTING THE INTERESTS OF CUSTOMERS OF INTERNET BANKING Mislah Hayati Nasution. 1, 62–73.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2007. Jakarta: Indeks

Kurniawan, Iskawanto dan Muchsin S. Shihab. 2015. Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Hubungan terhadap Kepuasan Nasabah serta Implikasinya terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 13 No. 2: 199-216

Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14. https://doi.org/10.32832/inovator.v7i1.1458

Meuter, M.L., Ostrom, A.L., Rounders, R.I., and Bitner, M.J. 2000. “Self-service technologies: understanding customer satisfaction with technology-based service encounters”. Journal of Marketing. Vol. 64: 50-64.

Mundir, A., Islam, L. H.-M. J. E., & 2021, undefined. (2021). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di BRI Syari’ah KCP Malang Pandaan Kabupaten Pasuruan. Jurnal.Yudharta.Ac.Id, 12(2), 243–256. https://doi.org/10.35891/ml.v12i2.2668

Ojk. (n.d.). Penjelasan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum. https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Documents/Pages/Penyelenggaraan-Layanan-Perbankan-Digital-oleh-Bank-Umum/POJK 12-2018.pdf

Prayitno, D. (2009). Belajar Olah Data dengan SPSS 17. ANDI.

Purnama, S., Sukmasari, A., Panjaitan, D. R., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2021). SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM HUBUNGAN PENGALAMAN BERTRANSAKSI ONLINE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PERBANKAN …. Digilib.Esaunggul.Ac.Id, 12, 68. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-20336-11_1458.pdf

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Cv. Wade Group.

Puspitadewi, I. (2019). Pengaruh Digitalisasi Perbankan Terhadap Efektivitas Dan Produktivitas Kerja Pegawai. Manajemen Dan Bisns Indonesia, 5(2), 247–258.

Rumondang, A., Sudirman, A., Effendy, F., Simarmata, J., & Agustin, T. (2019). Fintech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital.

Safitri, F. N. E. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK NEGARA INDONESIA PERSERO TBK KC MADIUN.

Sari, R. P., Kosim, A. M., & Arif, S. (2019). Pengaruh Etika Pemasaran Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 131. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.452

Sasongko, J. (2020). Self Service Technology Jadi Solusi Alternatif di Tengah Pandemi. https://www.sonora.id/read/422411039/self-service-technology-jadi-solusi-alternatif-di-tengah-pandemi

Somadi, M., Havis, A., & Choirunnisak. (n.d.). PENGARUH INTERNET BANKING, MOBILE BANKING DAN ATM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI KC PALEMBANG SIMPANG PATAL M. 40(2), 82–96.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Umam, K., & Utomo, S. B. (2017). Perbankan Syariah:Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Rajawali Pers.

Vyctoria. (2013). Bongkar Rahasia E-Banking Security dengan Teknik Hacking dan Carding (ANDI (ed.)).

Wicaksono, B. S. (2015). Pengaruh Self-Service Technology Terhadap Kepercayaan , Kepuasan Nasabah , Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis, 25(2).

Yusmad, M. A. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah dari Teori ke Praktik. Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats