PENGARUH ONLINE REVIEW YOUTUBE, LABELISASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN SAMYANG (Studi Kasus Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang)

Fitri Ayu Lestari, Dwiyani Sudaryanti, Junaidi Junaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Online Review Youtube, Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Samyang (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA). Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa FEB Universitas Islam malang yang pernah mengkonsumsi atau membeli produk mie instan Samyang sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 responden dan menggunakan teknik Purposive sampling dengan kriteria antara lain: (1) Nama; (2) Jenis Kelamin; (3) Jurusan; (4) Angkatan; (5) Pernah membeli dan mengkonsumsi mie isntan Samyang. Pada penelitian ini menggunakan koesioner angket untuk mengumpulkan data responden. Pada penelitian ini menggunakan Teknik Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji T dan Uji F dan koefesien Determimasi untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara parsial online review youtube tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie instan Samyang. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel Labelisasi Halal tidak signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan Samyang. Hasil penelitian ini variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan Samyang. Secara simultan diketahui bahwa online review youtube, labelisasi halal dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mie instan Samyang.


Full Text:

PDF

References


Amstrong, P. K. (2005). Prinsip-prinsip Pemasaran.

Andhalia, &. R. (2019). Pengaruh Online Reviews Terhadap Online Hotel Boocking Intentions (Studi Kasus Pada Traveloka). Jurnal Ilmiah Pariwisata, 194.

Angipora, M. P. (1999). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada 1999.

Armstrong, P. K. (2005). Prinsip-prinsip Pemasaran.

Armstrong, P. K. (n.d.). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12, Jilid 1 (Jakarta: Erlangga, n.d). Erlangga, N.d.

Fandy, T. a. (2017). Strategi Pemasaran Edisi Pertama.

Ghozali, I. (2008). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPP, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlianthusofri, J. (2018). Yuk Jadi Youtuber.

Indrasari, M. (2005). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.

JPNN.com. (2015). Hasil Survey, Masyarakat Indonesia Doyan Mie Instan. https://www.jpnn.com/news-hasil-survey-masyarakat-doyan-mie-instan, 2015.

Kompasianacom. (2020). Fenomena Youtube. Diambil kembali Dari Kompasiana.

Kusmagi, E. A. (2010). Solusi Bila Terjerat Kaskus Bisnis. Raih Asa Sukses.

Noorfadila, N. C. (2018). Online Review Oleh Beauty Vlogger dan Dampaknya Pada Minat Beli Lipstik Purbasari. Universitas Pendidikan Indonesia, 2018.

Noorfadila, N. C. (2018). Online Review Youtube Oleh Beauty Vlogger dan Dampaknya Pada Minat Beli Lipstik Purbasari. Universitas Pendidikan Indonesia, 2018.

Nugraha, R. M. (2017). PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis BI Universitas Brawijaya.

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas X Di Sma Negeri 5 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. (2019). Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(10, 60-73.

Rachhmayanti, M. (2019). Mudah Menjadi Youtuber Profesional.

Rachmayanti, M. (2019). Mudah Menjadi Youtuber Profesional. (Yogyakarta: Andi offset, 2019).

Riadi, M. (2018, Maret). Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk.

Saputra, M. R. (2017). Sistem informasi Populasi dan Historikal Unit Alat-Alat Berat Pada PT. Daya KobelcomConstuction Mechiney Indonesia 2017. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA, 6(2), 1-6.

Seragih, H. a. (2013). Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kemabli Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (Fjb) Kaskus. Jurnal Sistem Informasi .

Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Manajemen.

Srilisnani, A. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Siswa Kelas X Di Sma Negeri 5 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 60-73.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D 2013. ALFABETA, CV. Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D 2015. ALFABETA, CV Bandung.

Sulistiyawati, N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Label Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Wardah di Yayasan Pondok Pesantren... Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Suntoyo, D. (2005). Perilaku Konsumen dan Pemasaran.

Weenas, J. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spiring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4),, 607-618.

Widad, F. (2019). Pengaruh Presepsi Harga, Kualitas Produk dan Simbol Islam Terhadap Niat Beli Konsumen. Sekolah Tinggi Ekonomi Perbanas 4,no. 67201367 2019, 0-18.

Widodo, A. L. (2019). Pengaruh Online Review Terhadap online Hotel Booking Intensions, Study Kasus Pada Traveloka. Jurnal Ilmiah Pariwisata 24, no.3 (2019), 194.

Yodo, A. M. (2008). Hukum Perlindungan Konsumen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats