PENGARUH RELIGIOSITAS, CITRA DESTINASI, PROMOSI, DAN FASILITAS RAMAH MUSLIM TERHADAP KEPUASAN BERKUNJUNG DESTINASI HALAL DI MALANG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif FEB Unisma Angkatan 2018)

Afda Maulidiyah, Afifudin Afifudin, Hariri Hariri

Abstract


This study aims to determine the effect of Religiosity, Destination Image, Promotion, and Muslim Friendly Facilities on Satisfaction in Visiting Halal Destinations in Malang. This type of research is a quantitative survey research. In this study, the sample taken was active students of the Faculty of Economics and Business, Islamic University of Malang batch 2018 with a total of 135 people. This research uses quantitative data and methods the collection is by using a questionnaire via google form and  measured by a Likert scale. The analytical tool used is multiple linear regression analysis using SPSS. The results of the study partially show that: 1) Religiosity has a positive and significant effect on visiting satisfaction. 2) Destination image has a significant positive effect on visiting satisfaction. 3) Promotion has no positive and significant effect on visiting satisfaction. 4) Muslim friendly facilities have a positive and significant effect on visiting satisfaction. 


Full Text:

PDF

References


Alfiani, L.K., & Rahmawati, E. (2019). Pengaruh Biological Asset Intensity, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan Manajerial, dan Jenis KAP Terhadap Pengungkapan Aset Biologis. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Indonesia.

Arta, A. D., & Fikriyah, K. (2021). Pengaruh Religiositas dan Pengetahuan Halal Terhadap Minat Berkunjung pada Objek Wisata di Malang Raya. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam.

Azhari, R. D., & Fachry, M. F., (2020). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Batik Karawang di Ramayana Mall Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen

Azizah, N. (2022). Pariwisata Susur Sungai Banjarmasin Dengan Membangun Kebersamaan Antar Dosen dan Mahasiswa Pendidikan IPS.

Baetie, D., & Yusrizal, F., (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Chairy, P. (2021). Analisis Loyalitas Pelanggan Ditinjau dari Faktor Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Sepeda Motor Ahass 2192. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan.

Daffa, K.V., & Ratnasari, I., (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Fajrin, A.R., Wijayanto., G., & Kornita, S.E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT.

Ferdiansyah, H., (2020). Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia Melalui Konsep Smart Tourism. Journal of Sustainable Tourism Research.

Girsang, D., &Sipayung, N.L., (2021). Peran Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun. Jurnal Darma Agung.

Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, KualitasProduk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang pada Bank Syariah. Jurnal Akuntansi dan Bisnis.

Ismail, I., Saniri, S., Samsuddin, A., & Taufiqurrahman, M. (2018). Pembentukan Lingkungan Religius Dalam Pengelolaan Pendidikan di SMP Negeri I Camplong. Kabilah : Journal of Social Community, 3(2), 174–188.

Iswidyamarsha, C., & Dewantara, Y.F. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung di Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga TMII. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata.

Jaenudin, U., & Tahrir, T. (2019). Studi Religiositas, Budaya Sunda, dan Perilaku Moral pada Masyarakat Kabupaten Bandung. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 2(1), 1–8.

Josephine, A., & Harjanti, D. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Trio Corporate Plastik (Tricopla).

Laelani, L. (2019). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Praktik Micro Teaching serta Pengaruhnya Terhadap Minat Menjadi Guru. (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 FKIP Unpas).

Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Keselamatan dengan Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Jurnal Penelitian Manajemen Mpu Procuratio, 1(2 Oktober), 144–155.

Maryana, D., & Sagala, F.L., (2019). Pengaruh Penagihan Pajak dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Efektifitas Pencairan Tunggakan Pajak. Jurnal Akuntansi.

Maura, A., Atnan, N., &Ip, S. (2020). Persepsi Tokoh Perempuan Terhadap Model Fashion Androgini Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 7(1).

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19.

Mursyid, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Real Cafe di Makassar.

Ngajow, M. T., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Objek Wisata Terhadap Minat Berkunjung pada Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang, dengan Pandemi Covid 19 sebagai Variabel Moderator. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2).

Oktaviarni, F. (2018). Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Wajah Hukum.

Paramarta, W., Gede, J. I., & Ariana, P. (n.d.). Peran Undang–Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dalam Perlindungan dan Pelestarian Objek Wisata. Ojs.Unud.Ac.Id. Retrieved November 13, 2021, from

Rahman, A. (2019). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Yudha Swalayan Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer 4(2), 257–264.

Rudy, D. G., & Mayasari, I. D. A. D. (2019). Prinsip-Prinsip Kepariwisataan dan Hak Prioritas Masyarakat dalam Pengelolaan Pariwisata berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Kertha Wicaksana, 13(2), 73–84.

Sari, C. S., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal, 6(3), 310–319.

Saputra, S., &Sudarsa, R.Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Grand Setiabudi Hotel & Apartement. Jurnal Bisnis dan Pemasaran.

Savitri, F., & Nuraina, E. (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor .Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.

Sinaga, D.L., (2019). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Socio Secretum.

Sucihati., Fitrianingsih., dkk. (2020). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Katira Make Up Artist & Hairdo di Serang. Jurnal Fluralis Faletehan Ekonomi dan Bisnis.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistyan, R.B., dkk. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor Kritis dalam Minat Berkunjung Kembali Ke Wisata Religi. Jurnal Universitas Jember.

Surur, F. (2020). Wisata Halal: Konsep danAplikasi - Repositori UIN Alauddin Makassar.

Susanto, B., & Nursamsu, N. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Desa Wisata Selo Park Nganjuk. Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(1), 20–25.

Sono, N. H., & Kusairi, A. (2021). Pengaruh Prinsip-Prinsip Pelayanan Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Asri Syariah Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Jurnal al-Idarah.

Yusup, F., (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, (17-23).

Z, Z., & Darodjat, D. (2020). Efektifitas Pembinaan Religiositas Lansia terhadap Perilaku Keagamaan (Studi Pada Lansia Aisyiyah Daerah Banyumas). Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 0(0), 69–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats