PENGARUH KUALITAS LAYANAN JUGA KINERJA CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BSI KCP MALANG LAWANG

Iqbal Burhanuddin Maulidy, Afifudin Afifudin, Arista Fauzi Kartika Sari

Abstract


The aim of this research is to know the influence of the Service and Performance Quality of Customer Service toward Customer's Satisfaction in Indonesia Islamic Bank KCP Malang Lawang. This research used a quantitative correlational approach. The sampling in this research used the Slovin formula with 94 respondents. The data consist of primary one which is taken from a questionnaire and processed with SPSS 14.0 version. The data analysis used multiple linear regression analysis. The result of this research showed that the Service Quality variable (X1) gave a positive and significant influence toward Customer's Satisfaction (Y), the Service Customer Performance variable (X2) gave a positive and significant influence toward Customer's Satisfaction (Y).


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Suharto. 2009. Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta Rajawali Press.

Ahmad Bakri Syahputra 2017. Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Nasabah Bank Sumut Syariah Kcpsy Marelan Raya ). Jurnal FEB, Vol. 1 No.: 477–486.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Ayati, Dini Puspita. & Arifin Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Program Magister Manajemen Universitas Tarumanagara. 1–422.

Bastian, Indra.2015. Akuntansi untuk Kecamatan dan Desa. Penerbit Erlangga:Jakarta

Darmawan, Z.C. & Ridlwan, A.A. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Al-Tijary, 3(2): 107.

Dewi, G.A.P.R.K., Yasa, N.N.K. & Sukaatmadja, P.G. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT BPR Hoki Di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3(5): 257–275. Tersedia di https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/8039.

Dwijowijoto, Riant Nugroho. 2003. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ghozali.(2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Herawati, N. & Sulistyowati, M. 2019. Strategi Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah dengan Optimalisasi Kualitas Pelayanan, Penangan Komplain dan Fasilitas Teknologi Di Bank Mandiri Syariah Cabang Solo. Excellent, 6(2): 99–113.

Imam Ghozali 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Ishak, M.Z. & Azzahra, E.P. 2017.. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1): 26.

Jayengsari, R., Yunita, R., Maloka, S. & Suryakancana, U. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service. 01(01).

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Mahadi Saputra 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kinerja Customer Service Officer Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1): 111–120.

Maulana, I. 2021. Pengaruh Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan Nasabah : Studi Kasus di BPRS Amanah Ummah Leuwiliang. 2(1): 111–123.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (ANDI)

Rahmawati, Y. 2014. Pengaruh Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan 4(1): 15–30.

Salmaa Awwaabiin 2021. Penelitian Korelasional: Pengertian, Macam-Macam, Ciri-Ciri dan Cara Menuliskannya. dunia dosen.com.

Sondakh, C. 2015. Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1): 19–32.

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Bandung.

Sulastri, E. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Loyalitas Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Syahputra, A.B. & Susianto, S. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Nasabah Bank Sumut. Jurnal Mahasiswa,477–486. Tersedia di http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/781.

Wahab, W. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 02(01): 51–65.

Wijaya, H., Beik, I.S. & Sartono, B. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Perbankan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 3(3): 417–426.

Zakiy, M. 2017. Syariah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. 3(1).

Zubair Hasan 2009. Undang-Undang Perbankan Syariah: Titik Temu Hukum Islam Dan Hukum Nasional. jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats