PENGARUH LABELISASI HALAL, GREEN PRODUCT, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN LEMONILO (Studi Kasus Mahasiswa UNISMA, UIN, dan UMM)

Rokhmatullaeli Rokhmatullaeli, Maslichah Maslichah, Junaidi Junaidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh labelisasi halal, green
product, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk mie instan lemonilo bagi Mahasiswa
UNISMA, UIN ,dan UMM. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen mie lemonilo yang jumlahnya tidak
diketahui secara pasti dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi dan
uji t. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,818 atau bila dipresentasikan, maka 81,1% variabel
labelisasi halal, green product, dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan
lemonilo dan 18,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Uji t diperoleh
nilai sig. < 0,05 dengan hasil labelisasi halal (X1) memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh
positif terhadap keputusan pembelian, variabel green product (X2) memiliki nilai sig. 0,747> 0,05 artinya tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan variabel brand image (X3) memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05
artinya memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian mie instan lemonilo.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Fahlis, Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis Green Product dan Green

Marketing Strategy Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Manado di

Manado Town Square. Jurnal EMBA, Vol.4, No., 33–34.

Amrulloh, A. R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap

Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal IImu Dan Riset Manajemen.

D’Souze, T.C., Lamb, P., & R, P. (2006). Green Products and Corporate Strategy: An

Empirical Investigation. Society and Bussines Review, Vols.1(Iss:2).

Edi Wibowo, D., & Diah Madusari, B. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap

Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota

Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73.

https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. (n.d.). Perilaku Konsumen.

Fernandez, Yo, E. C., & Tjoanda, E. (2017). Pengaruh Green Marketing Hotel Terhadap

Green Consumer Behavior. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, Vol.5, N0.

Green, P., Makatumpias, D., Moniharapon, S., Tawas, H. N., Manajemen, J., Sam, U., &

Manado, R. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Oriflame Dimanado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,

Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 4063–4072.

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21967

Ishaswini, & Datta, S. K. (2011). Pro-environmental Concern Influencing Green Buying : A

Study on Indian Consumers. International Journal of Bussines and Management, Vol.6,

No., 124–133.

Kaima, A. D., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Green Product dan Citra Perusahaan pada

Minuman Isotonik Hydro Coco Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu

Manajemen, Vol.6 No.4(Jurusan Manajemen Fakultas Universitas Negri Surabaya).

Kamilah, G. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image terhadap Keputusan

Pembelian melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume6, N.

Keller, P. K. dan K. L. (2008). Manajemen Pemasaran terjm. (Bob Sabran (Ed.); jilid I ed).

Erlangga.

Kotler, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12,). PT.Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip Pemasaran (edisi ke-1). Erlangga.

Kotler, Philip, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Keti). Erlangga.

Park, W. C., & V., S. (1994). A Survey Brand Method for Measuring and Understanding

Brand Equity and It’s Extendibility. Journal of Marketing Research, Vol.31, No, 271–

Peronika, N., Junaidi, & Maryadi, Y. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli

Produk Kosmetika Wardah di Kota Pagar Alam. Jurnal Ekonomia, 10(1), 1–53.

Qardhawi, & Yusuf, M. (1993). Halal dan Haram dalam Islam. PT.Bina Ilmu.

Rajasekaran, M. R., & N.Gnanapandithan. (2013). A Study on Green Product and Innovation

for Sustainable Development. Global Journal of Management and Business Studie,

Vol.3, No., 625–632.

Rakhi, H. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Kosmetik: Studi Kasus Kota Pontianak. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam,

(1), 21–38. https://doi.org/10.32678/ijei.v10i1.119

Rather, Ahmad, R., & R., R. (2014). A Study on Consumer Awareness of Green Product and

its Impact on Green Buying. International Journal of Research, Vol.1, N0., 1483–1493.

Sumarwan, & Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam

Pemasaran (Cetakan Ke). Ghalia Indonesia.13

Tjiptono, & F. (2015). Brand Management & Strategy: Andi.

Umayah, N. I., & Mukhlas, M. (2018). PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CITRA

MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK

MILAGROS. Jurnal Skripsi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama

Islam Negeri Ponorogo.

Yan, Y. K., & Yazdanifard, R. (2014). The Concept of Green Marketing and Green Product

Development on Consumer Buying Approach. Global Jurnal of Commerce and

Management Perspective, Vol.3(2), 33–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats