PENGARUH LABELISASI HALAL, GREEN PRODUCT, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN LEMONILO (Studi Kasus Mahasiswa UNISMA, UIN, dan UMM)
Abstract
product, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk mie instan lemonilo bagi Mahasiswa
UNISMA, UIN ,dan UMM. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen mie lemonilo yang jumlahnya tidak
diketahui secara pasti dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi dan
uji t. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,818 atau bila dipresentasikan, maka 81,1% variabel
labelisasi halal, green product, dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan
lemonilo dan 18,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Uji t diperoleh
nilai sig. < 0,05 dengan hasil labelisasi halal (X1) memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh
positif terhadap keputusan pembelian, variabel green product (X2) memiliki nilai sig. 0,747> 0,05 artinya tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan variabel brand image (X3) memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05
artinya memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian mie instan lemonilo.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Fahlis, Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis Green Product dan Green
Marketing Strategy Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Manado di
Manado Town Square. Jurnal EMBA, Vol.4, No., 33–34.
Amrulloh, A. R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap
Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal IImu Dan Riset Manajemen.
D’Souze, T.C., Lamb, P., & R, P. (2006). Green Products and Corporate Strategy: An
Empirical Investigation. Society and Bussines Review, Vols.1(Iss:2).
Edi Wibowo, D., & Diah Madusari, B. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap
Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota
Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73.
https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. (n.d.). Perilaku Konsumen.
Fernandez, Yo, E. C., & Tjoanda, E. (2017). Pengaruh Green Marketing Hotel Terhadap
Green Consumer Behavior. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, Vol.5, N0.
Green, P., Makatumpias, D., Moniharapon, S., Tawas, H. N., Manajemen, J., Sam, U., &
Manado, R. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Oriflame Dimanado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 4063–4072.
https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21967
Ishaswini, & Datta, S. K. (2011). Pro-environmental Concern Influencing Green Buying : A
Study on Indian Consumers. International Journal of Bussines and Management, Vol.6,
No., 124–133.
Kaima, A. D., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Green Product dan Citra Perusahaan pada
Minuman Isotonik Hydro Coco Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu
Manajemen, Vol.6 No.4(Jurusan Manajemen Fakultas Universitas Negri Surabaya).
Kamilah, G. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image terhadap Keputusan
Pembelian melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume6, N.
Keller, P. K. dan K. L. (2008). Manajemen Pemasaran terjm. (Bob Sabran (Ed.); jilid I ed).
Erlangga.
Kotler, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12,). PT.Indeks.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip Pemasaran (edisi ke-1). Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Keti). Erlangga.
Park, W. C., & V., S. (1994). A Survey Brand Method for Measuring and Understanding
Brand Equity and It’s Extendibility. Journal of Marketing Research, Vol.31, No, 271–
Peronika, N., Junaidi, & Maryadi, Y. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli
Produk Kosmetika Wardah di Kota Pagar Alam. Jurnal Ekonomia, 10(1), 1–53.
Qardhawi, & Yusuf, M. (1993). Halal dan Haram dalam Islam. PT.Bina Ilmu.
Rajasekaran, M. R., & N.Gnanapandithan. (2013). A Study on Green Product and Innovation
for Sustainable Development. Global Journal of Management and Business Studie,
Vol.3, No., 625–632.
Rakhi, H. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Kosmetik: Studi Kasus Kota Pontianak. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam,
(1), 21–38. https://doi.org/10.32678/ijei.v10i1.119
Rather, Ahmad, R., & R., R. (2014). A Study on Consumer Awareness of Green Product and
its Impact on Green Buying. International Journal of Research, Vol.1, N0., 1483–1493.
Sumarwan, & Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran (Cetakan Ke). Ghalia Indonesia.13
Tjiptono, & F. (2015). Brand Management & Strategy: Andi.
Umayah, N. I., & Mukhlas, M. (2018). PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CITRA
MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK
MILAGROS. Jurnal Skripsi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo.
Yan, Y. K., & Yazdanifard, R. (2014). The Concept of Green Marketing and Green Product
Development on Consumer Buying Approach. Global Jurnal of Commerce and
Management Perspective, Vol.3(2), 33–38.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal