PERLINDUNGAN KONSUMEN BISNIS FASHION ONLINE DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Rafika Nur Laili, Maslichah Maslichah, Harun Alrasyid

Abstract


Kegiatan jual beli produk fashion secara online atau melalui e-commerce sudah cukup berkembang
saat ini khususnya di Indonesia, sebab memiliki banyak manfaat yang salah satunya mempermudah konsumen
untuk memenuhi kebutuhan berbelanja lantaran lebih praktis dan dapat diakses dimanapun selama memiliki
koneksi internet. Namun disisi lain kegiatan jual beli secara online juga memiliki dampak negatif terkait
permasalahan hukum yang bisa merugikan konsumen. Dengan adanya permasalahan ini maka transaksi
tersebut dianggap tidak sah karena tidak sesuai dengan etika bisnis dan juga peraturan dalam hukum islam.
Oleh sebab itu konsumen berhak mendapatkan perlindungan konsumen agar terpenuhi kebutuhanya dalam
melakukan transaksi jual beli produk fashion secara online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan pembahasan dengan teknik library dan field
research dan di analisa menggunakan metode triangulasi. Peneliti memperoleh hasil bahwasanya pelaku usaha
dalam transaksi jual beli produk fashion secara online sudah menerapkan peraturan sesuai dengan hukum
islam dan juga etika bisnis islam yang mana berarti telah terjadi pula perlindungan konsumen di dalam
transaksi tersebut.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2007). Hukum Perjanjian Syariah: Tudi Tentan Teori Akad Dalam Fikih

Muamalah. PT. Raja Grafindo Persada.

Ashila, R. F., Fauziah, N. E., & Fawzi, R. (2021). Tinjauan Hukum Islam terhadap Ganti

Rugi Akibat Klausula “Memecahkan Berarti Membeli.” Prosiding Hukum …, 140–144.

http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/26576

Baidowi, A. (2011). Etika Bisnis Perspektif Islam. E-Journal.iainpekalongan.ac.id, 9(2),

–7382. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/jhi/article/view/591

Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis. Penebar Plus.

Fitria, T. N. (2017). BISNIS JUAL BELI ONLINE (ONLINE SHOP) DALAM HUKUM

ISLAM DAN HUKUM NEGARA Tira Nur Fitria STIE-AAS Surakarta. 03, 52–62.

Hardani, E. a. (2013). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantita. In Journal of Chemical

Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Hardika, R., Hukum, F. A.-S., & 2015, undefined. (2014). Perlindungan Hukum Terhadap

Konsumen Dalam Transaksi Online. Neliti.com, 08.

https://www.neliti.com/publications/23092/perlindungan-hukum-terhadap-konsumendalam-transaksi-online

Hasanah, D., Kosim, M., & Arif, S. (2019). Konsep Khiyar pada Jual Beli Pre Order Online

Shop dalam Perspektif Hukum Islam. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2),

https://doi.org/10.36835/iqtishoduna.v8i2.426

Ismail. (2010). Keuangan dan Investasi Syariah. Sketsa.

Jamil, A. S. (2018). Pembatalan Kontrak dalam Hukum Transaksi Islam. Kajian Hukum

Ekonomi Syariah, 1(1), 55–66.

Juliyani, E. (2016). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Core.ac.uk, VII(1), 63.

https://core.ac.uk/download/pdf/268132884.pdf

Lidwina, A. (2022). No Title. Databoks.katadata.co.id.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/09/produk-fesyen-jadi-primadona9

di-e-commerce

Miharja, J. (2016). Konsep Ganti Rugi Perspektif Hukum Islam. Mu’amalat: Jurnal Kajian

Hukum Ekonomi Syariah, 8(2), 133–155. https://doi.org/10.20414/mu.v8i2.1997

Misbach, I. (2017). Perilaku Bisnis Syariah. Repositori.uin-Alauddin.ac.id, 5.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/3777

Muhammad. (2004). Etika Bisnis Isllam.

Mustofa, I. (2012). Transaksi Elektronik (e-commerce) Dalam Perspektif Fikih. EJournal.iainpekalongan.ac.id. http://ejournal.iainpekalongan.ac.id/index.php/jhi/article/view/563

Nawatmi, S. (2010). ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM | Fokus Ekonomi.

https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe2/article/view/1666

Nurhisam, L. (2017). Etika Marketing Syariah. Ejournal.iainmadura.ac.id, 4(2).

http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/iqtishadia/article/view/1412

Prawiro, A., Siswanto, A., & Farid, F. (2020). Pengantar Bisnis Syariah.

Api.penerbitsalemba.com. https://api.penerbitsalemba.com/book/books/09eB-

/contents/dd7f103a-483b-4e41-8f82-093f941ce70d.pdf

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. http://repository.uinmalang.ac.id/1133/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhendi, H. (2005). Fiqh Muamalah. PT. Raja Grafindo.

Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk

Menurut Ekonomi Islam. Ejournal.um-Sorong.ac.id, 7(1), 1–9.

https://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/sentralisasi/article/view/93

Yusri, M. (2019). Kajian Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam Perspektif Hukum

Islam. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 1–15.

https://doi.org/10.30651/justeko.v3i1.2963

Ziauddin, N. (2017). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perlindungan Konsumen Pada

Transaksi Jual Beli Online. Jurnal Pelita, 2(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats