PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK MUAMALAT KCP KOTA PASURUAN
Abstract
Indonesia adalah bank syariah pertama di Indonesia. Dengan adanya Bank Muamalat Indonesia
telah mendorong adanya bank-bank syariah lainnya. Sehingga, dengan adanya bank-bank syariah
yang ada saat ini persaingan semakin ketat dan kompetitif. Namun disisi lain perkembangan Bank
Muamalat Indonesia juga mengalami naik turun setiap tahunnya. Dengan adanya permasalahan ini
kepuasan nasabah menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Kepuasan nasabah yang perlu
diperhatikan yaitu terkait faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah seperti kualitas produk,
kualitas pelayanan dan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat KCP Kota
Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan melakukan
penyebaran kuisioner. Peneliti memperoleh hasil bahwasannya kualitas produk, kualitas pelayanan
dan promosi berepngaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat
KCP Kota Pasuruan.
Full Text:
PDFReferences
Ayu, A. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PT Bank
Rakyat Indonesia Unit Kintamani (PERSERO) TBKDI Kintamani. 0–27.
Bank Muamalat Indonesia. (2021). Laporan Keuangan Bank Muamalat Indonesia. 2020, 12940.
Fandy, T. (2011). Sevice, Quality and Satisfaction.
Febriansyah, E., Fraternesi, F., & Pratiwi, I. (2021). Analisis Karakteristik Kualitas Produk Perbankan
Syariah Dalam Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Bni Syariah.
EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 15–28.
https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1098
Fikriyah&Yudha Alam. (2021). Perkembangan Keuangan Syariah dalam Realitas Politik di Indonesia.
AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 11(Juni), 1–14. http://www.ejournal.annadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/239
Furqon, M., Rahayu, S., & Astiati, D. I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan
Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang. Adminika, 7(1), 1–19.
http://poltekanika.ac.id/journal/index.php/adm/article/view/209
Hasibuan, Y. (2017). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di PT.
Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan.
OJK. (2021). Statistik Perbankan Syariah 2021. Angewandte Chemie International Edition, 6(11),
–952., 10–27.
Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat
Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87–98.
Puji, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk,Religiusitas, KualitasPelayanan, dan Promosi terhadap
Keputusan mahasiswa menabung di bank Syariah. 4(1), 81–97.
Rambe, I. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Pada Pt Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jurnal AlIqtishad, 16(1), 18. https://doi.org/10.24014/jiq.v16i1.9044
Rianto, M. N. (2010). Dasar dasar pemasaran Bank syariah. Alfabeta.
Septiani, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah
Menabung di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo.
Sholichah, A. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuaasan Nasabah
di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Sudirman 2 Ngawi.
Yuliawati, A. P. (2019). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam
Pelayanan Di Bank Muamalat KCP Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal