PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK MUAMALAT KCP KOTA PASURUAN

Pinky Anjeli, Maslichah Maslichah, Harun Alrasyid

Abstract


Perkembangan bank syariah di Indonesia saat ini sangat meningkat. Bank Muamalat
Indonesia adalah bank syariah pertama di Indonesia. Dengan adanya Bank Muamalat Indonesia
telah mendorong adanya bank-bank syariah lainnya. Sehingga, dengan adanya bank-bank syariah
yang ada saat ini persaingan semakin ketat dan kompetitif. Namun disisi lain perkembangan Bank
Muamalat Indonesia juga mengalami naik turun setiap tahunnya. Dengan adanya permasalahan ini
kepuasan nasabah menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Kepuasan nasabah yang perlu
diperhatikan yaitu terkait faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah seperti kualitas produk,
kualitas pelayanan dan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat KCP Kota
Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan melakukan
penyebaran kuisioner. Peneliti memperoleh hasil bahwasannya kualitas produk, kualitas pelayanan
dan promosi berepngaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat
KCP Kota Pasuruan.

Full Text:

PDF

References


Ayu, A. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PT Bank

Rakyat Indonesia Unit Kintamani (PERSERO) TBKDI Kintamani. 0–27.

Bank Muamalat Indonesia. (2021). Laporan Keuangan Bank Muamalat Indonesia. 2020, 12940.

Fandy, T. (2011). Sevice, Quality and Satisfaction.

Febriansyah, E., Fraternesi, F., & Pratiwi, I. (2021). Analisis Karakteristik Kualitas Produk Perbankan

Syariah Dalam Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Bni Syariah.

EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 15–28.

https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1098

Fikriyah&Yudha Alam. (2021). Perkembangan Keuangan Syariah dalam Realitas Politik di Indonesia.

AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 11(Juni), 1–14. http://www.ejournal.annadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/239

Furqon, M., Rahayu, S., & Astiati, D. I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan

Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang. Adminika, 7(1), 1–19.

http://poltekanika.ac.id/journal/index.php/adm/article/view/209

Hasibuan, Y. (2017). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di PT.

Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan.

OJK. (2021). Statistik Perbankan Syariah 2021. Angewandte Chemie International Edition, 6(11),

–952., 10–27.

Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat

Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87–98.

Puji, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk,Religiusitas, KualitasPelayanan, dan Promosi terhadap

Keputusan mahasiswa menabung di bank Syariah. 4(1), 81–97.

Rambe, I. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Pada Pt Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jurnal AlIqtishad, 16(1), 18. https://doi.org/10.24014/jiq.v16i1.9044

Rianto, M. N. (2010). Dasar dasar pemasaran Bank syariah. Alfabeta.

Septiani, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah

Menabung di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo.

Sholichah, A. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuaasan Nasabah

di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Sudirman 2 Ngawi.

Yuliawati, A. P. (2019). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam

Pelayanan Di Bank Muamalat KCP Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7590


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats