PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN LAYANAN DIGITAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
khususnya bank syariah, dengan melakukan inovasi produk digital untuk melayani nasabah di masa
pandemi covid-19. Layanan digital perbankan syariah terkait mobile banking menggambarkan proses
virtual yang mendukung semua layanan yang diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi
perbankan syariah secara signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi dampak
keandalan dan kenyamanan layanan digital terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia
Kota Malang. Metode penelitian ini memakai kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah metode sampling bertarget. Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form
yang dibagikan kepada 100 responden. Untuk pengujian hipotesis menggunakan SPSS 2022. Hasil
survei ini menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan yang fluktuatif (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Variabel serviceability (X2) untuk layanan digital
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Variabel kepercayaan
pelanggan dan kemudahan penggunaan layanan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p˂o, o5). Nilai
koefisien determinasi adalah 0,832, artinya kontribusi layanan digital terhadap kepuasan pelanggan
sebesar 83%, sisanya sebesar 17% dipengaruhi oleh variabel lain.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni. (2022). Survei Sucor Sekuritas: Bank Digital Mencapai Pangsa Pasar.
Bisnis.Com.https://finansial.bisnis.com/read/20220114/90/1488773/survei-sucorsekuritas-bank-digital-bakal-mencapai-pangsa-pasar-lebih-besar
Citra, M., Lubis, N., & Nurseto, S. (2013). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas
Pelayanan Blackberry Internet Service Provider Telkomsel (Studi Kasus Pada 100
Pengguna Blackberry Internet Service Provider Telkomsel Di Kota Semarang). Jurnal
Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(1), 171–177.
Fadlan, A., & Dewantara, R. Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi
Kegunaan terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi pada Mahasiswa Pengguna
Mobile Banking Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1), 82–
Fatoni, S. N., Susilawati, C., Yulianti, L., & Iskandar. (2020). Dampak COVID-19 terhadap
perilaku konsumen dalam penggunaan e-wallet di Indonesia. Journal of Chemical
Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Guenzi, Paolo, O. (2004). The impact of interpersonal relationships on customer satisfaction
and loyalty to the service provider. International Journal of Service Industry, 15, 365–
Hartini. et al. (2021). Perilaku Organisasi. In E. Kembauw (Ed.), Journal of Chemical
Information and Modeling (1st ed., Vol. 53, Issue 9).
Kusumawati, H. and K. (2020). Kemudahan, kepercayaan dan persepsi resiko terhadap
keputusan pembelian pengguna dompet digital OVO di Surakarta. JOURNAL OF
MANAGEMENT (SME’s), 11(April), 12.
Made, D., Purnama, F., & Darmaningsih, G. A. P. A. (2021). Customer Relationship
Management , Framing Effect , Tingkat Kepuasan Terhadap Tingkat Kepercayaan Dan
Loyalitas Nasabah Dalam Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada Nasabah Bank
Bri Cabang Renon. 12(2), 225–231.
Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan
Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14.
Mawarni, R., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Islam,
U., Raden, N., & Lampung, I. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai
Upaya Customer Retention Pada Masa Covid-19. Jurnal.Stai-Alazharmenganti.Ac.Id,
(2),39–54.http://jurnal.staialazharmenganti.ac.id/index.php/AlIqtishod/article/view/233
Muhyiddin, K., Nasional, P., Republik, B., Abstraksi, I., Baru, N., Pembangunan, R.,
Menengah, J., Kunci, K., Journal, T. I., Planning, D., & Iv, V. (2020). Covid-19, New
Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan
Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252.
Pradipta, A., Tri, U., & Murti, R. (2021). Kepuasan Nasabah Sebagai Mediator Pengaruh
Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 79–86.
Priyani, Ari; Siti Maryam, B. A. . (2017). Studi Komparasi Persepsi Kemanfaatan Dan
Kemudahan Penggunaan Aplikasi M-Banking Antara Generasi X, Y, dan Z. Jurnal
Ilmiah Edunomika, 4(2), 40–51.
Siregar, I. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank
Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan
Keislaman, 6(2), 99.
Subagiyo, R., Djamaluddin, B., & Ahsan, M. (2021). Comparative Analysis of Customer
Loyalty in Islamic and Conventional Banks : A Literature Review. Al-Uqud: Journal of7
Islamic Economics, 5(28), 97–118.
Sumarwan, U. (2004). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran.
Tjiptono. (2017). Analisis Kepuasan Konsumen. Jurnal Media Ekonomi, 7(1), 1–20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal