FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI MINAT MEMBAYAR ZAKAT PADA LAZ (Studi Kasus Pada LAZ Yatim Mandiri Kepanjen)

Maulidiyah Lestari, Afifudin Afifudin, Afifudin Afifudin, Siti Aminah Anwar, Siti Aminah Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan zakat, tingkat
pendapatan, religiusitas dan kepercayaan organisasi pengelola zakat terhadap minat
membayar zakat di LAZ. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan
pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan
menyebarkan kuesioner kepada muzakki yang membayar zakat di panti asuhan mandiri
lembaga amil zakat. Peneliti mendapatkan 96 responden berdasarkan Jenis Kelamin, Usia,
Pendidikan Terakhir. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik
probability sampling yaitu simple random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah
Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan
bahwa variabel pengetahuan zakat (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial
terhadap minat berzakat di panti asuhan amil zakat mandiri kepanjen (Y). Tingkat
pendapatan (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat berzakat di
panti asuhan mandiri amil zakat Kepanjen (Y). Religiusitas (X3) berpengaruh secara parsial
dan signifikan terhadap minat berzakat di panti asuhan mandiri amil zakat Kepanjen (Y).
Kepercayaan (X4) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat berzakat di
panti asuhan mandiri amil zakat Kepanjen (Y).

Full Text:

PDF

References


Adisubroto, D. (1987). Orientasi Nilai Orang Jawa Serta Ciri-ciri Kepribadiannya.

http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/12560

Astuti, D. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Akad Jual Beli Online Perspektif

Ekonomi Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 13–26.

https://doi.org/10.25299/syarikat.2018.vol1(1).2625

Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). PENGARUH MODAL BUDAYA,

TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN TINGKAT PENDAPATAN

ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan

Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39. https://doi.org/10.21009/jpeb.001.1.3

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat dalam perekonomian modern - Didin Hafidhuddin. InGema Insani.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=a6o2sAU07XkC&oi=fnd&pg=PA1

&dq=hafidhuddin+2008&ots=oA1aoiLQCz&sig=Cxt_lx6FvdqmdMtDEDi4-

U_rOZ0&redir_esc=y#v=onepage&q=hafidhuddin 2008&f=false

Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020a). Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Kepercayaan

Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzakki Membayar

Zakat. In Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance.

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5114

Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020b). PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN

KEPERCAYAAN KEPADA BAZNAS KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT. Jurnal Tabarru’:

Islamic Banking and Finance, 3(1), 30–40.

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5114

Isnaini. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT, TINGKAT PENDAPATAN,

TINGKAT KEIMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MOTIVASI

MUZAKKI PROFESI. Pakistan Research Journal of Management Sciences, 7(5),

–2.

http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep7

Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3r

LJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp:/

/amg.um.dk/~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/S

Kahmad, dadang. (2009). Sosiologi agama / H. Dadang Kahmad. http://inlislite.uinsuska.ac.id/opac/detail-opac?id=2242

Nugroho, A. S., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan

Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas dengan Faktor Usia

Se- bagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 955–966.

https://doi.org/10.15294/EEAJ.V8I3.35723

Rahayu, S. B., Widodo, S., & Binawati, E. (2019). Pengaruh akuntabilitas dan

transparansi lembaga zakat terhadap tingkat kepercayaan muzakki (Studi Kasus pada

Lembaga Amil Zakat Masjid Jogokariyan Yogyakarta). Journal of Business and

Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), 1(2), 103–114.https://doi.org/10.36067/jbis.v1i2.26

Rakhmania. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, Dan Pengetahuan

Terhadap Minat Muzakki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat Di

Kota Malang - Brawijaya Knowledge Garden.

http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164413/

Setiawan, F. (2019). PENGARUH RELIGIUSITAS DAN REPUTASI TERHADAP

MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PROFESI (Studi Kasus di

Kabupaten Ponorogo). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 13.

https://doi.org/10.32502/jimn.v8i1.1553

sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian industri manufaktur.

Metode Penelitian, 131.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono - 2015.pdf (p. 346).

https://id.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono

Sugiyono. (2018). metpen. Metode Penelitian, 117.

Tho’in, M., & Marimin, A. (2019). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Tingkat Pendidikan,

dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Ilmiah

Ekonomi Islam, 5(3), 225. https://doi.org/10.29040/jiei.v5i3.678

Yusuf al-Qaradawi. (2004). Hukum Zakat; Studi Komparatif Mengenai Status Dan

Filsafat Zakat Berdasarkan Qur’an Dan Hadis, diterjemahkan oleh Salman Harun

dkk dari “Fiqhuz-Zakat.” https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=455409


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats