FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI MINAT MEMBAYAR ZAKAT PADA LAZ (Studi Kasus Pada LAZ Yatim Mandiri Kepanjen)
Abstract
pendapatan, religiusitas dan kepercayaan organisasi pengelola zakat terhadap minat
membayar zakat di LAZ. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan
pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan
menyebarkan kuesioner kepada muzakki yang membayar zakat di panti asuhan mandiri
lembaga amil zakat. Peneliti mendapatkan 96 responden berdasarkan Jenis Kelamin, Usia,
Pendidikan Terakhir. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik
probability sampling yaitu simple random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah
Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan
bahwa variabel pengetahuan zakat (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial
terhadap minat berzakat di panti asuhan amil zakat mandiri kepanjen (Y). Tingkat
pendapatan (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat berzakat di
panti asuhan mandiri amil zakat Kepanjen (Y). Religiusitas (X3) berpengaruh secara parsial
dan signifikan terhadap minat berzakat di panti asuhan mandiri amil zakat Kepanjen (Y).
Kepercayaan (X4) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat berzakat di
panti asuhan mandiri amil zakat Kepanjen (Y).
Full Text:
PDFReferences
Adisubroto, D. (1987). Orientasi Nilai Orang Jawa Serta Ciri-ciri Kepribadiannya.
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/12560
Astuti, D. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Akad Jual Beli Online Perspektif
Ekonomi Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 13–26.
https://doi.org/10.25299/syarikat.2018.vol1(1).2625
Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). PENGARUH MODAL BUDAYA,
TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN TINGKAT PENDAPATAN
ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan
Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39. https://doi.org/10.21009/jpeb.001.1.3
Hafidhuddin, D. (2002). Zakat dalam perekonomian modern - Didin Hafidhuddin. InGema Insani.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=a6o2sAU07XkC&oi=fnd&pg=PA1
&dq=hafidhuddin+2008&ots=oA1aoiLQCz&sig=Cxt_lx6FvdqmdMtDEDi4-
U_rOZ0&redir_esc=y#v=onepage&q=hafidhuddin 2008&f=false
Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020a). Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Kepercayaan
Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzakki Membayar
Zakat. In Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance.
https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5114
Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020b). PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN
KEPERCAYAAN KEPADA BAZNAS KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT. Jurnal Tabarru’:
Islamic Banking and Finance, 3(1), 30–40.
https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5114
Isnaini. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT, TINGKAT PENDAPATAN,
TINGKAT KEIMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MOTIVASI
MUZAKKI PROFESI. Pakistan Research Journal of Management Sciences, 7(5),
–2.
http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep7
Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3r
LJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp:/
/amg.um.dk/~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/S
Kahmad, dadang. (2009). Sosiologi agama / H. Dadang Kahmad. http://inlislite.uinsuska.ac.id/opac/detail-opac?id=2242
Nugroho, A. S., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan
Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas dengan Faktor Usia
Se- bagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 955–966.
https://doi.org/10.15294/EEAJ.V8I3.35723
Rahayu, S. B., Widodo, S., & Binawati, E. (2019). Pengaruh akuntabilitas dan
transparansi lembaga zakat terhadap tingkat kepercayaan muzakki (Studi Kasus pada
Lembaga Amil Zakat Masjid Jogokariyan Yogyakarta). Journal of Business and
Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), 1(2), 103–114.https://doi.org/10.36067/jbis.v1i2.26
Rakhmania. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, Dan Pengetahuan
Terhadap Minat Muzakki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat Di
Kota Malang - Brawijaya Knowledge Garden.
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164413/
Setiawan, F. (2019). PENGARUH RELIGIUSITAS DAN REPUTASI TERHADAP
MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PROFESI (Studi Kasus di
Kabupaten Ponorogo). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 13.
https://doi.org/10.32502/jimn.v8i1.1553
sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian industri manufaktur.
Metode Penelitian, 131.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono - 2015.pdf (p. 346).
https://id.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono
Sugiyono. (2018). metpen. Metode Penelitian, 117.
Tho’in, M., & Marimin, A. (2019). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Tingkat Pendidikan,
dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Ilmiah
Ekonomi Islam, 5(3), 225. https://doi.org/10.29040/jiei.v5i3.678
Yusuf al-Qaradawi. (2004). Hukum Zakat; Studi Komparatif Mengenai Status Dan
Filsafat Zakat Berdasarkan Qur’an Dan Hadis, diterjemahkan oleh Salman Harun
dkk dari “Fiqhuz-Zakat.” https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=455409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal