PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KENYAMANAN DAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PASCA MERGER BANK SYARIAH INDONESIA (Studi kasus pada nasabah Bank Syariah Indonesia)

Dewi Hurwardani, Nur Diana, Harun Alrasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat (X) terhadap Kenyamanan (Y1) dan
Tingkat Kualitas Pelayanan (Y2) pasca merger Bank Syariah Indonesia.
Jenis penelitian didesain dengan penelitian korelasional. Sampel penelitian adalah 70 responden
yang merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia dengan menggunakan metode kuesioner. Data dianalisis
dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi
masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap kenyamanan pasca merger Bank Syariah Indonesia. (2)
Persepsi masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kualitas pelayanan pasca merger Bank
Syariah Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Adhikara, Mf Arrozi, Maslichah Maslichah, and Nur Diana. "The Benefits of Accounting Information

On The Intention of Stocks Selections In Indonesia Stock Exchange (IDX)." The Indonesian

Journal of Accounting Research 20.1 (2017).

Abdul-ramon, O. A., & Ayorinde, A. O. (2021). Impact Of Merger And Acquisition On Customer

Service Quality Of Deposit Money. 01, 1–13.

Akmaliah, N. (2020). Pengaruh Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Digitalisasi Produk

Perbankan Di Bank Bri Kantor Cabang Manado - IAIN Manado Repository.

http://repository.iain-manado.ac.id/159/

Asnawi, N., Sukoco, B. M., & Fanani, M. A. (2019). The role of service quality within Indonesian

customers satisfaction and loyalty and its impact on Islamic banks. Article in Journal of Islamic

Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2017-0033

Astuti, H. J. (2012). Analisis Kepuasan Konsumen (SERVQUAL Model dan Important Performance

Analysis Model). Jurnal Media Ekonomi, 7(1), 1–20.

Bulan, T. P. L., Chandra, R., & Amilia, S. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Kualitas

Layanan dan Minat Beli di Kota Langsa (Ritel Tradisional vs Modern). Jurnal Samudra

Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 138–149. https://doi.org/10.33059/JSEB.V9I2.762

Hidayah, Z. R. (2019). Pengaruh Persepsi Tata Letak Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap

Kenyamanan Pengunjung Wisata Kampung Coklat Kademangan Blitar - Brawijaya Knowledge

Garden. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173841/

Imandiar, Y. (2020). OJK Terbitkan Kebijakan Untuk Tindak Lanjutin Kebijakan Perppu Nomor 1

Tahun 2020. 12 Mei, 2019(1), 2020. https://finance.detik.com/moneter/d-

/ojkterbitkankebijakan-untuktindaklanjutiperppuno1-tahun2020

Irawan, H., Dianita, I., & Mulya, A. D. S. (2021). Peran Bank Syariah Indonesia Dalam Pembangunan16

Ekonomi Nasional. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis

Islam, 3(2), 147–158. https://doi.org/10.47435/ASY-SYARIKAH.V3I2.686

Jannah, N. A. AL. (2021, November). Profil PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

https://dataindonesia.id/arsip/detail/profil-pt-bank-syariah-indonesia-tbk

Lukiyana, L., Astuti1, V., Fkip, P. A., & Murwani, J. (2018). Pengaruh Persepsi Nasabah Dan Produk

Tabungan IB Hasanah Wadiah Terhadap Keputusan Menabung Di Bank BNI Syariah Madiun.

FIPA : Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 6(2).

http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/591

Ode, P. (2016). Pengaruh Persepsi, Kenyamanan, Kualitas Layanan,dan Islamic Branding Terhadap

Preferensi NasabahBank Bri Syariah di Surabaya.

OJK. (2020). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia (LPKSI) tahun 2020.

Ramadan, muhammad raauf. (2021). Merger Bank Syariah Dan Pengembangan UMKM Di

Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(6), 7–24.

http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/290

Ramadhan, M. Z. J., & Asih, V. S. (2021). Studi Komparatif: Kualitas Layanan Mobile Banking BRI

Syariah dan Bank Syariah Indonesia. Indonesian Journal of Economics and Management, 1(3),

–583. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/ijem/article/view/3492

Rulindo, R., Tamanni, L., Cintokowati, C., & Farhan, Z. M. (2019). Kajian Konversi, Merger,

Holding, dan Pembentukan Bank BUMN Syariah. Journal of Chemical Information and

Modeling, 53(1), 1689–1699.

http://dx.doi.org/10.1016/j.techsoc.2016.08.001%0Ahttps://medium.com/idols-of-thetheatre/the-problems-with-colonial-science-and-technology-transfer-

eb6bd7c0800%0Ahttps://www.dawsonera.com/readonline/9781848133815%0Apapers3://publi

cation/uuid/F4832ADD-8D

Sari, errina junita puspita. (2016). Pengaruh Keadilan Layanan, Kualitas Hubungan Dan

Kenyamanan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan The Body Shop DiSurabaya.

Perpustakaan Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.

Setiawan, moch sapto. (2021). pemegang saham media internal kementerian BUMN edisi 2.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara. https://bumn.go.id/media/buletin

Setiawati, R. (2021). Bank Syariah Indonesia Dalam Memperkuat Sistem Keuangan Syariah

Indonesia. Institut Manajemen Koperasi Indonesia. http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1341


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats