PENGARUH SERTIFIKASI HALAL TERHADAP MINAT KONSUMSI MAKANAN PRODUK AICIRO DI KOTA MALANG

Chofifah Wachid, Afifudin Afifudin, Siti Aminah Anwar

Abstract


This study aims to determine the effect of Halal Certification to Interest in Food Consumption
Aiciro Product in Malang City. This type of research is correlational quantitative research. In this
study the samples taken were Malang City Community and Malang City Community who have
consumed Aiciro product with the number 35 people. Taking the number of samples using the
Non Probability technique Sampling with Purposive Approach Sampling to obtain respondent. .
The analysis tool used is a simple linear regression analysis using SPSS. The results showed that
the sig value was 0.009 <0.05 means that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the
halal credential of the independent variable has a partial positive and significant impact on the
interest consumption options of the dependent variable. This means that the presence of halal
certification can influence Aichiro's interest in food consumption in the city of Malang.

Full Text:

PDF

References


Ahsan, Z. (2012). Hubungan minat fotografi dengan motivasi bekerja pada anggota

organisasi jhepret club Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim

Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ashari, M. (2019). Pengaruh pengetahuan produk dan sertifikasi halal terhadap keputusan

pembelian produk Farmasi di Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten

Madiun (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar Offset.

Darmawan, A. (2012). Minat Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 1 Batur Banjarnegara

Terhadap Ekstrakurikuler Bolavoli Mini Tahun Ajaran 2011/2012.

Dede Nurohman, Memahami Dasar Dasar Ekonomi Islam ( Yogyakarta: Teras,2011)

Fauzan, T. A. (2020). Pengaruh Sertifikat Halal Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan

(Studi Kasus KFC Simpang Lima Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN ArRaniry).

Febriani, V. A., & Sugiono, S. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan

konsumen (studi pada pasien poliklinik rawat jalan Rumah Sakit dr. Cipto

Mangunkusumo) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Mulvariate Dengan dengan Program IBM SPSS (KE-7).

Universitas Diponegoro.

Hayani, N. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Bahan Makanan Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Makanan Oleh Ibu Rumah Tangga Muslim Di

Pekanbaru. Al-Amwal, 8(1), 31-44.

https://news.detik.com/berita/d-4666357/mui-ingin-rebut-kembali-otoritas-sertifikasi-halal-inikata-kemenag

https://www.halalmui.org/mui14/main/page/kriteria-sistem-jaminan-halal-dalam-has23000

https://www.halalmui.org/mui14/main/page/prosedur-sertifikasi-halal-mui-untuk-produk-yangberedar-di-indonesia

Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan). Alih Bahasa oleh Istiwidayati & Zarkasih. Jakarta: Erlangga

Immamudin Yuliadi, Ekonomi Islam Sebuah Pengantar ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001)

Indriantoro, I., & Priyana, Y. (2014). Pengetahuan Masyarakat Terhadap Mitigasi Bencana

Kekeringan di Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation,

Universitas Muhammadiyah Surakarta).Jalil, S. K. A. (2019 Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Minat Masyarakat Membeli Produk

Makanan Berlabel Halal Di Kuala Tungkal. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi

Syariah, 2(1), 21-43.

Lailla, N., & Tarmizi, I. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat

Beli Makanan di Food Courd UMJ. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen

dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).

Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan Jilid 1. PT Index.

Putri, C. R. (2021). Pengaruh Halal Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen Produk

Minuman Korean Sparkling Water Mojiso (Studi pada Mahasiswa Muslim Penggemar

Drama Korea).

Rizki, S., Mubyarto, N., & Anita, E. (2020). Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Usaha Rempeyek Ilham Kecamatan

Jelutung Kota Jambi) (Doctoral dissertation, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi).

Rofi’ah, S. (2018). Pengaruh Harga Karet Terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat dalam

Perspektif Islam (Studi Kasus di Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto

Kabupaten Rokan Hulu) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan

Syarif Kasim Riau).

Rosyid, M. H. (2017). Analisa perilaku konsumsi santri di pondok pesantren wali songo

ngabar perspektif ekonomi islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Santoso, S. (2002). SPSS Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo.

Sardiman. (2003) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardirman Am. (1990). Psikologi Umum.Jakarta: Aksara Basa

Sugiyono, E. W., Wibowo, E., & Pd, S. (2001). Statistika penelitian. Edisi I, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilowati, E. T. (2010). Hubungan Minat Menonton Tayangan Film Kartun Laga Di

Televisi Pada Agresivitas Siswa SDN Ngimbang Palang

Muhammad Ikbal, M. I., & Pamudji, S. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat

Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Kegiatan Ppak: Studi Kasus Pada

Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang (Doctoral

dissertation, Universitas Diponegoro).

Syafrida, S. (2016). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi

Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. ADIL: Jurnal

Hukum, 7(2), 159-174.

Tampubolon. (1991). Mengembangkan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s

purchase intention towards non-Muslim’s Halal packaged food manufacturer. ProcediaSocial and Behavioral Sciences, 130, 145–154.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats