PENGARUH SERTIFIKASI HALAL TERHADAP MINAT KONSUMSI MAKANAN PRODUK AICIRO DI KOTA MALANG
Abstract
Aiciro Product in Malang City. This type of research is correlational quantitative research. In this
study the samples taken were Malang City Community and Malang City Community who have
consumed Aiciro product with the number 35 people. Taking the number of samples using the
Non Probability technique Sampling with Purposive Approach Sampling to obtain respondent. .
The analysis tool used is a simple linear regression analysis using SPSS. The results showed that
the sig value was 0.009 <0.05 means that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the
halal credential of the independent variable has a partial positive and significant impact on the
interest consumption options of the dependent variable. This means that the presence of halal
certification can influence Aichiro's interest in food consumption in the city of Malang.
Full Text:
PDFReferences
Ahsan, Z. (2012). Hubungan minat fotografi dengan motivasi bekerja pada anggota
organisasi jhepret club Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim
Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ashari, M. (2019). Pengaruh pengetahuan produk dan sertifikasi halal terhadap keputusan
pembelian produk Farmasi di Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten
Madiun (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar Offset.
Darmawan, A. (2012). Minat Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 1 Batur Banjarnegara
Terhadap Ekstrakurikuler Bolavoli Mini Tahun Ajaran 2011/2012.
Dede Nurohman, Memahami Dasar Dasar Ekonomi Islam ( Yogyakarta: Teras,2011)
Fauzan, T. A. (2020). Pengaruh Sertifikat Halal Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan
(Studi Kasus KFC Simpang Lima Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN ArRaniry).
Febriani, V. A., & Sugiono, S. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen (studi pada pasien poliklinik rawat jalan Rumah Sakit dr. Cipto
Mangunkusumo) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Mulvariate Dengan dengan Program IBM SPSS (KE-7).
Universitas Diponegoro.
Hayani, N. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Bahan Makanan Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Makanan Oleh Ibu Rumah Tangga Muslim Di
Pekanbaru. Al-Amwal, 8(1), 31-44.
https://news.detik.com/berita/d-4666357/mui-ingin-rebut-kembali-otoritas-sertifikasi-halal-inikata-kemenag
https://www.halalmui.org/mui14/main/page/kriteria-sistem-jaminan-halal-dalam-has23000
https://www.halalmui.org/mui14/main/page/prosedur-sertifikasi-halal-mui-untuk-produk-yangberedar-di-indonesia
Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang
Kehidupan). Alih Bahasa oleh Istiwidayati & Zarkasih. Jakarta: Erlangga
Immamudin Yuliadi, Ekonomi Islam Sebuah Pengantar ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001)
Indriantoro, I., & Priyana, Y. (2014). Pengetahuan Masyarakat Terhadap Mitigasi Bencana
Kekeringan di Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation,
Universitas Muhammadiyah Surakarta).Jalil, S. K. A. (2019 Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Minat Masyarakat Membeli Produk
Makanan Berlabel Halal Di Kuala Tungkal. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi
Syariah, 2(1), 21-43.
Lailla, N., & Tarmizi, I. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat
Beli Makanan di Food Courd UMJ. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen
dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).
Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan Jilid 1. PT Index.
Putri, C. R. (2021). Pengaruh Halal Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen Produk
Minuman Korean Sparkling Water Mojiso (Studi pada Mahasiswa Muslim Penggemar
Drama Korea).
Rizki, S., Mubyarto, N., & Anita, E. (2020). Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Usaha Rempeyek Ilham Kecamatan
Jelutung Kota Jambi) (Doctoral dissertation, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi).
Rofi’ah, S. (2018). Pengaruh Harga Karet Terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat dalam
Perspektif Islam (Studi Kasus di Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto
Kabupaten Rokan Hulu) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan
Syarif Kasim Riau).
Rosyid, M. H. (2017). Analisa perilaku konsumsi santri di pondok pesantren wali songo
ngabar perspektif ekonomi islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Santoso, S. (2002). SPSS Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo.
Sardiman. (2003) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardirman Am. (1990). Psikologi Umum.Jakarta: Aksara Basa
Sugiyono, E. W., Wibowo, E., & Pd, S. (2001). Statistika penelitian. Edisi I, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susilowati, E. T. (2010). Hubungan Minat Menonton Tayangan Film Kartun Laga Di
Televisi Pada Agresivitas Siswa SDN Ngimbang Palang
Muhammad Ikbal, M. I., & Pamudji, S. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat
Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Kegiatan Ppak: Studi Kasus Pada
Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang (Doctoral
dissertation, Universitas Diponegoro).
Syafrida, S. (2016). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi
Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. ADIL: Jurnal
Hukum, 7(2), 159-174.
Tampubolon. (1991). Mengembangkan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.
Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s
purchase intention towards non-Muslim’s Halal packaged food manufacturer. ProcediaSocial and Behavioral Sciences, 130, 145–154.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal