PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI DAN KUALITAS PELAYANAN GALERI INVESTASI BEI FEB UNISMA TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Empiris Pada Mahasiswa Perbankan Syariah FEB Unisma Angkatan 2018)

Nuriyah Trisna Parawangsa, Dwiyani Sudaryanti, Hariri Hariri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai pengaruh pengetahuan investasi (X1) dan
kualitas pelayanan (X2) terhadap minat investasi, baik secara parsial maupun simultan (Y). Penelitian ini
menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian kausal. Partisipan dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Program Mahasiswa Strata 1 Program Perbankan Syariah FEB Unisma angkatan 2018
yang telah menyelesaikan mata kuliah Pasar Modal Syariah. Sebanyak 120 siswa digunakan dalam penelitian
ini. Metode kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Uji validitas dan reliabilitas
digunakan untuk menilai kinerja instrumen. Uji normalitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan
uji hipotesis semuanya diterapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat
mahasiswa perbankan syariah FEB Unisma untuk berpartisipasi di pasar modal syariah dipengaruhi oleh
pengetahuan investasi dan kualitas layanan galeri investasi BEI FEB Unisma. (2) Pengetahuan investasi
berpengaruh signifikan terhadap minat investasi di pasar modal syariah mahasiswa perbankan syariah FEB
Unisma. (3) Kualitas layanan galeri investasi BEI FEB Unisma berpengaruh signifikan terhadap minat
investasi di pasar modal syariah mahasiswa perbankan syariah FEB Unisma.

Full Text:

PDF

References


Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh manfaat, pengetahuan, dan edukasi terhadap minat

mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah. Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis

Islam, 4(1). https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1367

Faqih, F. Al. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP

MINAT MENABUNG NASABAH PADA TABUNGAN MARHAMAH PT BANK SUMUT

KCP SYARIAH KARYA. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1).

https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.506

Faruq dkk. (2016). Pengaruh Service Quality Galeri Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap

Keputusan Investasi Mahasiswa FEB UNISMA di Pasar Modal. E – Jurnal Riset Manajemen.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. UNDIP.

Ghozali, I. (2016). Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, 12(26).

Idx.co.id. (2018a). Galeri Investasi BEI & Komunitas Pasar Modal.

https://www.idx.co.id/produk/galeri-investasi-bei-komunitas-pasar-modal/

Idx.co.id. (2018b). Produk Syariah. https://www.idx.co.id/idx-syariah/produk-syariah/

Idxislamic.idx.co.id. (2019). Pasar Modal Syariah. https://idxislamic.idx.co.id/edukasi-pasar-modalsyariah/pasar-modal-syariah/

Jannah, S. A. (2017). Pngaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Investasi Logam

Mulia Pada Pegadaian Unit Pembantu Syariah Pasar III Muara Enim. UIN Raden Fatah

Palembang.

Jogiyanto. (2007). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE Yogyakarta.

Kotler. (2002). Service Quality.

Mahfud, S. (2001). Pengantar Psikologi Pendidikan (4th ed.). PT. Bina Ilmu.

Malik, A. D. (2017). ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT

MASYARAKAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH MELALUI BURSA

GALERI INVESTASI UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and

Business), 3(1). https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693

Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan

Investasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada

Mahasiswa Fia Dan Feb Unisma Yang Sudah Menempuh Mata Kuliah Mengenai Investasi).

JIAGABI, 9(1).

Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). PENGARUH MOTIVASI INVESTASI DAN

PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA

MAHASISWA FE UNY. Profita, 1(2).

Salim, H. ., & Sutrisno, B. (2008). Hukum Investasi di Indonesia. PT. Rajagrafindo Persada.

Sastra, H. (2018). MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DAN KUALITAS PELAYANAN

GERAI BURSA EFEK INDONESIA STIE KESATUAN BOGOR. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem

Pendidikan Tinggi, 2(1). https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i1.118

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Syahrizal, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung

Nasabah Di BRI Syariah KCP Ponorogo [IAIN Ponorogo].

http://etheses.iainponorogo.ac.id/9601/1/SKRIPSI DANI SYAHRIZAL.pdf

Tambunan, D. (2020). Investasi Saham di Masa Pandemi COVID-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari

Dan Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8564

Zeithaml, A, V., & Jo, B. M. (2002). Service Marketing. McGraw Hill Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats