PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI DAN KUALITAS PELAYANAN GALERI INVESTASI BEI FEB UNISMA TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Empiris Pada Mahasiswa Perbankan Syariah FEB Unisma Angkatan 2018)
Abstract
kualitas pelayanan (X2) terhadap minat investasi, baik secara parsial maupun simultan (Y). Penelitian ini
menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian kausal. Partisipan dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Program Mahasiswa Strata 1 Program Perbankan Syariah FEB Unisma angkatan 2018
yang telah menyelesaikan mata kuliah Pasar Modal Syariah. Sebanyak 120 siswa digunakan dalam penelitian
ini. Metode kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Uji validitas dan reliabilitas
digunakan untuk menilai kinerja instrumen. Uji normalitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan
uji hipotesis semuanya diterapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat
mahasiswa perbankan syariah FEB Unisma untuk berpartisipasi di pasar modal syariah dipengaruhi oleh
pengetahuan investasi dan kualitas layanan galeri investasi BEI FEB Unisma. (2) Pengetahuan investasi
berpengaruh signifikan terhadap minat investasi di pasar modal syariah mahasiswa perbankan syariah FEB
Unisma. (3) Kualitas layanan galeri investasi BEI FEB Unisma berpengaruh signifikan terhadap minat
investasi di pasar modal syariah mahasiswa perbankan syariah FEB Unisma.
Full Text:
PDFReferences
Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh manfaat, pengetahuan, dan edukasi terhadap minat
mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah. Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis
Islam, 4(1). https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1367
Faqih, F. Al. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP
MINAT MENABUNG NASABAH PADA TABUNGAN MARHAMAH PT BANK SUMUT
KCP SYARIAH KARYA. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1).
https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.506
Faruq dkk. (2016). Pengaruh Service Quality Galeri Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap
Keputusan Investasi Mahasiswa FEB UNISMA di Pasar Modal. E – Jurnal Riset Manajemen.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. UNDIP.
Ghozali, I. (2016). Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, 12(26).
Idx.co.id. (2018a). Galeri Investasi BEI & Komunitas Pasar Modal.
https://www.idx.co.id/produk/galeri-investasi-bei-komunitas-pasar-modal/
Idx.co.id. (2018b). Produk Syariah. https://www.idx.co.id/idx-syariah/produk-syariah/
Idxislamic.idx.co.id. (2019). Pasar Modal Syariah. https://idxislamic.idx.co.id/edukasi-pasar-modalsyariah/pasar-modal-syariah/
Jannah, S. A. (2017). Pngaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Investasi Logam
Mulia Pada Pegadaian Unit Pembantu Syariah Pasar III Muara Enim. UIN Raden Fatah
Palembang.
Jogiyanto. (2007). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE Yogyakarta.
Kotler. (2002). Service Quality.
Mahfud, S. (2001). Pengantar Psikologi Pendidikan (4th ed.). PT. Bina Ilmu.
Malik, A. D. (2017). ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT
MASYARAKAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH MELALUI BURSA
GALERI INVESTASI UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and
Business), 3(1). https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693
Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan
Investasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada
Mahasiswa Fia Dan Feb Unisma Yang Sudah Menempuh Mata Kuliah Mengenai Investasi).
JIAGABI, 9(1).
Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). PENGARUH MOTIVASI INVESTASI DAN
PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA
MAHASISWA FE UNY. Profita, 1(2).
Salim, H. ., & Sutrisno, B. (2008). Hukum Investasi di Indonesia. PT. Rajagrafindo Persada.
Sastra, H. (2018). MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DAN KUALITAS PELAYANAN
GERAI BURSA EFEK INDONESIA STIE KESATUAN BOGOR. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem
Pendidikan Tinggi, 2(1). https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i1.118
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Syahrizal, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung
Nasabah Di BRI Syariah KCP Ponorogo [IAIN Ponorogo].
http://etheses.iainponorogo.ac.id/9601/1/SKRIPSI DANI SYAHRIZAL.pdf
Tambunan, D. (2020). Investasi Saham di Masa Pandemi COVID-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari
Dan Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8564
Zeithaml, A, V., & Jo, B. M. (2002). Service Marketing. McGraw Hill Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:
El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal