FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA BSI KCP MALANG SINGOSARI 1)

May Nur Anisa, Harun Alrasyid, Ahsani Taqwiem

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Kemudahan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengambilan sampel yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada nasabah BSI KCP Malang Singosari 1. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedasitas, uji analisis regresi linier berganda, uji f dan uji t dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariiah Indonesia. (2) persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia. (3) kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Armaniah Henny, Amas Sari Marthanti, and F. Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2.2(1), 2614–3747.

Hardiyanti, R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. 1(1), 1–169.

Herlina, H. (2022). Analisis Pengaruh Layanan Mobile Banking, Automatic Teller Mechine (ATM), DAN Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Poltekkes Tanjung Karang dan Universitas Muhammadiyah La. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 1.

Kambali, M. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah untuk Menggunakan jasa Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik). AL Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 8(1), 54–61.

Kotler, P. and G. A. (1997). Manajemen Pemasaran Marketing 9e Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol Edisi Revisi Jilid 1. Penerbit: PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kurniasari, R., & Rizal, A. (2023). Upaya Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Menciptakan Kualitas Layanan, Persepsi Harga Dan Citra Merek. SEIKO: Journal of Management & …, 6(2), 129–138. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/5053%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/download/5053/3314

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632

Nurhidayati, M., & Cahyani, N. K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-Channel pada Nasabah BSI KCP Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 146–157. https://doi.org/10.21154/etihad.v1i2.3527

Nuriyah, A. S. K. (2023). Pengaruh Presepsi Kegunaan, Kemudahan dan pengetahuan Informasi Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi Menggunakan Website BSI (Studi Kasus KCP BSI Demak). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(1).

Priyanto, D. (2014). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. In Yogyakarta: Gava Media.

Putra, Zulfadli Nugraha Triyan, and H. T. (2022). Problematika Dan Dinamika Perbankan Syariah Di Era Globalisasi. Jurnal Tabaru’ Islamic Banking and Finance, 5.1, 34–40.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Sari, M. R. and R. L. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15.1.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R%D. Alfabte.

Sumarsono, Achmad, Dwiyani Sudaryanti, and A. T. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Akses Pembiayaan, Dan Citra Perusahan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BTPN Syariah (Studi Pada Nasabah BTPN Syariah di Kec. Dau, Kab. Malang). El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal, 4.01.

Supra, E., & Hendarsyah, D. (2022). Determinan Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 33–50. https://doi.org/10.24090/ej.v10i1.6235


Refbacks

  • There are currently no refbacks.