Peran Pembiayaan Bank BTPN Syariah dalam Mengembangkan UMKM di Kota Sumenep

Syifa Kanza Aprilia, M Cholid Mawardi, Siti Aminah Anwar

Abstract


Peran Bank dan Lembaga keuangan sangat penting terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah yang memiliki keterbatasan modal. Selain lembaga keuangan, peran pemerintah dalam mendorong dan mendukung pengembangan UMKM juga sangat penting. Salah satu bank umum syariah di Indonesia saat ini yaitu Bank BTPN Syariah. Secara khusus tujuan dari BTPN Syariah pada saat ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kesejahteraan nasabahnya  dengan cara menyalurkan modal kepada usaha-usaha yang mereka miliki. Sasaran BTPN Syariah yaitu ibu-ibu prasejahtera yang kurang mampu dalam mengembangkan usahanya, dimana para wanita  prasejahtera bisa mencicil dan menabung untuk kemakmuran di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang dan tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM dan sejauh mana peran pembiayaan yang diberikan oleh Bank BTPN Syariah dalam mengembangkan UMKM yang ada di Kota Sumenep. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah Bank Syariah di Indonesia Khususnya Bank BTPN Syariah Wisma Sumenep berperan penting dalam mengembangkan UMKM khususnya UMKM yang ada di Kota Sumenep sendiri, dengan fasilitas pembiayaan yang diberikan berdampak positif terhadap kenaikan pendapatan, omset penjualan serta meluasnya pemasaran hingga luar pulau jawa.

Full Text:

PDF

References


Anggiito, Albii. (2018). Meitodologii Peineiliitiian Kualiitatiif, Sukabumii: CV Jeijak.

Antoniio, Syafii’ii. (2001). Bank Syariiah darii Teiorii kei Prakteik, Jakarta: Geima Iinsanii.

Biidiingeir, Maiitii. (2013). “Peiran Keilompok Iinformasii Masyarakat (KIiM).” Journal of Cheimiical Iinformatiion and Modeiliing 53 (9): 1689–99.

Darmanto. (2017). Usaha Miikro, Keiciil, Dan Meineingah, Yogyakarta : Peindiidiikan Deieipubliish.

Iindriiantoro, Nur dan Bambang Supomo.(2013). Meitodologii Peineiliitiian Biisniis Untuk Akuntansii & Manajeimein. Yogyakarta: BPFEi.

Haniim, Lathiifah. (2018). UMKM (Usaha Miikro, Keiciil, & Meineingah) & BEiNTUK-BEiNTUK USAHA, Seimarang:UNIiSSULA PREiSS.

Haniif, Mohammad. (2016).Usaha Miikro, Keiciil dan Meineingah (UMKM) dii Iindoneisiia, Jakarta.

Iismaiil. (2011). Peirbankan Syariiah, Jakarta: Keincana.

Mamiik. (2015). Meitodologii Kualiitatiif, Siidoarjo: Ziifatama Publiisheir.

Moleiong, L. J. (2017). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif. Bandung: PT. Reimaja Rosdakarya.

Muhammad, Sholahuddiin. (2013). Tantangan Peirbankan Syariiah dalam Peiranannya Meingeimbangkan UMKM, Jakarta: GEiMA PREiSS.

Narwoko, J. Dwii Dan Suyanto, Bagong (Eidiitor). (2010). Sosiiologii Teiks Peingantar Dan Teirapan Eidiisii Keitiiga. Jakarta : Preinada Meidiia Group, 210.

Saleih, Siirajuddiin. (2017). Analiisiis Data Kualiitatiif, Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sugiiyono. (2017). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif dan R&D, Bandung: Alfabeita.

Soeikanto, Soeirjono. (2012). Peiranan Sosiiologii Suatu Peingantar. Jakarta : Rajawalii Peirs, 213 - 214.

Rahmiinii, Sucii Yulii. (2008). Usaha Miikro Keiciil dan Meineingah. UU No. Tahun 2008.

Seiptiiana, Viina. (2016). Hukum seibagaii Peiliindung UMKM dan Peirtumbuhan UMKM.

Tambunan, Tulus T.H (2009). UMKM dii Iindoneisiia, Bogor: Ghaliia Iindoneisiia.

Tambunan, Tulus T.H (2017). Usaha Miikro, Keiciil, dan Meineingah. Jakarta: Ghaliia Iindoneisiia.

Umam, Khaeirul. (2013). Manajeimein Peirbankan Syariiah. Bandung: Pustaka Seitiia, 28.

Undang-Undang Nomor tahun 2008 teintang UMKM, Bab IiV pasal 6.

Wangsa. (2010). Peimbiiayaan Bank Syariiah, Jakarta: PT.Grameidiia Pustaka Utama.

Yusuf. A.Murii. (2017). MEiTODEi PEiNEiLIiTIiAN (Kuantiitatiif, Kualiitatiif, dan Peineiliitiian Gabungan), Jakarta:KEiNCANA.

Aiisyah, Ii. Dkk. (2020). “Peiran BPRS Dalam Peingeimbangan UMKM Dii Iindoneisiia”. Jurnal Peingkajiian Peineiliitiian Eikonomii dan Hukum Iislam, Vol.5, No.2.

Amanda, A & Wahyu, F, R.(2023). “Peiran Peindampiing Pada Peintiingnya Strateigii Peimasaran UMKM Nasabah BTPN Syariiah”, Jurnal Peilayanan dan Peingabdiian Masyarakat Iindoneisiia (JPPMIi), Vol.2. 86-92.

Daniiswara, Ei. Dkk. (2022).“ Iimpleimeintasii Platform Teipat Daya Bank BTPN Syariiah dalam Meindukung Peingeimbangan dan Peiniingkatan Skiill Usaha Miikro Deisa”, Jurnal Kajiian Eikonomii & Biisniis Iislam, Vol 5 No 2. 551-568

Daulay, Aiidul Muhammad. (2021). Dalam Meiniingkatkan Peireikonomiian Masyarakat ( Studii Kasus Bank Syariiah Mandiirii Siibuhuan ) Uniiveirsiitas Iislam Neigeirii Dalam Meiniingkatkan Peireikonomiian Masyarakat ( Studii Kasus Bank Syariiah Mandiirii Siibuhuan ).

Hamiidah, Q. Dkk. (2019). “Thei Deiveilopmeint of Small and Meidiium Busiineiss (MSMEis) Baseid on Teicnology to Deial wiith Thei Iindustriial Reivolutiion 4.0”, Sociial, Humaniitiieis,and Eiducatiional Studiieis (SHEis):conveireincei seiriieis, vol.2 no.245-349

Holdii, R. Iibnu. (2020). “Analiisiis Peirkeimbangan Usaha Miikro Keiciil Dan Meineingah (UMKM) Meilaluii Peimbiiayaan Bank Syariiah Mandiirii.”

Jeinniings, P., & Beiaveir, G. (1997). Thei Peirformancei and compeitiitiivei advantagei of small fiirms: A manageimeint peirspeictiivei. Iinteirnatiional Small Busiineiss Journal, 15(2), 63-75

Putrii, Seidiinadiia. (2021). “Peiran Peimbiiayaan Syariiah Dalam Peingeimbangan UMKM Dii Iindoneisiia”, Jurnal Eikonomii Syariiah, Vol 1, No.2. 1-11

Sureitno, S & Bustam. (2018). “Peiran Bank Syariiah Dalam Meiniingkatkan Peireikonomiian Nasiional Meilaluii Peimbiiayaan Modal Keirja Pada UMKM”, Jurnal Eikonomii dan Biisniis Iislam,

Soeikarnii, M. (2014). “Diinamiika Peimbiiayaan Peirbankan Syariiah dalam Meingeimbangkan Duniia Usaha”, Jurnal Eikonomii dan Peimbangunan, Vol 22(No.1). 70.

BTPN Syariiah. https://www.btpnsyariiah.com/.

https://jim.unisma.ac.id/index.php/laswq/article/view/22009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.