PENGARUH E-TRUST, E-SERVICE DAN BRAND TERHADAP E-LOYALTY PENGGUNA LAYANAN MOBILE BANKING SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA TERNATE)

Nur Jana Fara, Nur Diana, Arista Fauzi Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui E-Trust, E-Service dan Brand dan bagaimana dampaknya terhadap E-Loyalty pada pengguna layananan mobile banking syariah bagi nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan 100 responden pengguna layanan mobile banking di BSI Kota Ternate. Metode pada penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner sebagai sumber data primer. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel E-Trust (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap E-Loyalty (Y). Variabel E-Service (X2) tidak berpengaruh terhadap E-Loyalty (Y) dan variabel Brand (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap E-Loyalty (Y).


Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. W., Agriyanto, R., & Turmudzi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Mobile Banking Syariah. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(3), 134–158. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i3.134-158

I. Siregar, Y. Nasution, N. I. (2023). No Title. Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Menggunakan Layanan Mobile Banking Syariah Indonesia Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UINSU Tahun 2019), 1(4).

Kusumawardhani. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Mobile Banking (BCA MOBILE). Journal of Cahaya Mandalika, 2(1), 275–282. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/734

Ladhari, R. (2010). No Title. Developing E-Service Quality Scales: A Literature Review. Journal of Retailing and Customer Service, 464–477. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2010.06.003

Nawangsari, S., & Widiastuti, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank (Studi Kasus Pada Pt Bank Dki – Depok). Sebatik, 22(2), 51–55. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2.307

Oktavia, D. C. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Nasabah Bank dalam Menggunakan Mobile Banking DIAN CEMPAKA OKTAVIA. 1–11.

Revita, A. (2016). E-Satifaction Dan E-Trust T Mempengaruhi E-Loyalty Mempengaruhi E-Loyalty Konsumen Wanita Dalam Sosial Media,. E-Satifaction Dan E-Trust T Mempengaruhi E-Loyalty Mempengaruhi E-Loyalty Konsumen Wanita Dalam Sosial Media, 1.

Robbins, P. S. (2003). Organizational Behavior (10th, illust ed.). https://doi.org/0131000691

Setiagraha, D., Sakti, I. P., & Batin, M. H. (2023). Pengaruh Layanan Digital Mobile Banking dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i1.1029

Siregar, I. S. (2023). Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Mahasiswa FEBI UINSU Tahun 2019 ). 1(4).

Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Penerbit Qiara Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.