Pengaruh Kesadaran Halal, Brand Image dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, brand image dan lifestyle terhadap keputusan pembelian produk mixue Kota Malang. Objek penelitian ini konsumen mixue Kota Malang dengan jumlah sampel 80 konsumen mixue. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket survey kertas dan alat analisis data SPSS. Berdasarkan hasil analisis penelitian secara parsial kesadaran halal, brand image dan lifestyle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Full Text:
PDFReferences
A’yun, F. Q., Sudaryanti, D., & Novianto, A. S. (2023). Pengaruh pengetahuan, prospek bisnis dan kesadaran halal terhadap kepatuhan sertifikasi halal pengusaha kuliner kecamatan paciran lamongan. El-Aswaq, 4(1), 77–88.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.
Aziz, Y. A., & Chok, N. V. (2013). The Role of Halal Awareness, Halal Certification, and Marketing Components in Determining Halal Purchase Intention Among Non-Muslims in Malaysia: A Structural Equation Modeling Approach. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 25(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.723997
Citra, Salam, A., dan Nuryani, H. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian di Instagram ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Angkatan Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2018 ). Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 1–9. https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/796
Efendi, A. (2020). The Effect of Halal Certification, Halal Awareness and Product Knowledge on Purchase Desicions for Halal Fashion Products. Journal of Digital Marketing and Halal Industry 2, 2, 148.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156
Kartika, R. P., Aryati, I., & Widayanti, R. (2019). Pengaruh Brand Image , Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 14–22. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.406
keller. (2003). How To Manage Brand Equty. gramedia pustaka.
Kemenperin_RI. (2023). Indonesia Targetkan Jadi Kampiun Industri Halal. Kemenperin.Go.Id. https://www.kemenperin.go.id/artikel/24049/Indonesia-Targetkan-Jadi-Kampiun-Industri-Halal
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Kusumadewi, A. D. (2020). Pengaruh Brand Image, Aplikasi Mc Donald’S Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mc Donald’S Di Puri Surya Jaya. Manajemen, 1(1), 2–3.
Mandey, S. L. (2009). pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 6. https://scholar.google.com/scholar?cluster=15144193146616304872&hl=en&oi=scholarr#d=gs_cit&t=1702201260182&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3A6FT48W37KtIJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26scfhb%3D1%26hl%3Den
Mapossa, J. B. (2018). PENGARUH LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CLOTHING LINE (Survei pada Konsumen Clothing Line Famo di Kota Bandung). New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931
Putri, A. A. (2023). GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/adelandilaa/10-provinsi-dengan-gerai-mixue-terbanyak-di-indonesia-yfFmV
Rahayu, A., Marpaung, N. N., & Aviantono, B. (2022). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rose Brand ( Studi Kasus Wilayah Jatibening Kota Bekasi ). 7(2), 468–481.
Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta,.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Andi.
Tyas, D. A., & Supriyanto, A. (2022). Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Syariah: Ditinjau Dari Halal Lifestyle, Muslim Friendly Facilities, Dan Knowledge. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(2), 141–152. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i2.766
Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018
Refbacks
- There are currently no refbacks.