PENGARUH KEMUDAHAN DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA

Nuzulur Rohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kemudahan akses serta tingkat literasi keuangan syariah terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari responden melalui kuesioner. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat menabung di bank syariah, sehingga dapat memberikan masukan bagi pihak bank dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif serta program literasi keuangan yang lebih terarah.

Full Text:

Untitled PDF

References


Akuntansi, J., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., & Brawijaya, U. (2013). PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG MALANG Malang , 23 Agustus 2013 Dosen Pembimbing , Prof . Iwan Triyuwono , SE ., M . Ec ., Ph . D .,.

Mulyo Teguh. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional , 18–26.

Novi Yushita Amanita. (2017). Pentinya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal :Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, VI, 15.

Rumbianingrum, W., & Wijayangka, C. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 155–165.

Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143.

Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.

Theory, Z., How, Business, Meet, J., Challenge, W. G., & Ouchi. (2014). Tinjauan Mata Kuliah komunikasi. Oleh Edgar H. Schein, 9(1), 1–54. http://repository.ut.ac.id/4198/2/PUST4314-TM.pdf

Suoranta, M. (2003). Adoption of Mobile Banking in Finland. In In Business (Issue August). http://urn.fi/URN:ISBN:951-39-1654-5

Rotchanakitumnuai, S., & Speece, M. (2003). Barriers to Internet banking adoption: A qualitative study among corporate customers in Thailand. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/02652320310498465

Sholihin, A. I. (2010). Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT Gramedia

Wirdayani Wahab, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru, Jurnal Kajian Ekonomi Islam Volume 2, No.1, (2017): 56. http://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/78

Luluk Wahyu Roficoh & Mohammad Ghoali_Aplikasi Akad Rahn Pada Pegadaian Syariah Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah/Vol. 3, No. 2, 2018 43 Dahlan Siamat, 2004, Manajemen Lembaga Keuangan, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). "HasibuanPengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa)". Jurnal Ilmiah ekonomi Islam, 6(1), 22-33

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.

Juanda Riski, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Katubi. (2020). Analisis Gaya Hidup, Bintang Iklan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Online Shopee (Studi Kasus Dilakukan pada Mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen) . Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta Vol.18 No.3 Juli 2020 ISSN 2085-2215 , 203-219.

Kuala, S., Amanda, S. M., & Majid, M. S. A. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Dosen Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(2), 197–214.

Labaso, Syahrial. 2018. Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. 3(2).

Ricamala, Z. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, dan Sikap Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Bagi Nasabah Bank Mandiri di Surabaya. STIE Perbanas Surabaya.

Silalahi & Sultani (2019). Pengaruh pembelajaran perbankan syariah terhadap minat menabung Mahasiswa FKIP Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al- Washliyah di bank syariah. Jurnal Universitas Muslim Nusantara.

Vandela, F., & Sugiarto, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Kemampuan Berkomunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 12(3), 429. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i3.4913


Refbacks

  • There are currently no refbacks.