PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBUKAAN REKENING ONLINE, PENGETAHUAN PRINSIP SYARIAH DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Nasabah BSI Se-Malang Raya)

Elisa Erica Rosidah, Maslichah Maslichah, Arista Fauzi Sari

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Efektivitas Pembukaan Rekening Online (X1), Pengetahuan prinsip syariah (X2), dan Promosi Menabung (X3) untuk klien Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota Malang. Data primer yang digunakan dalam riset ini berasal dari angket yang dibagikan kepada sampel nasabah BSI yang dipilih di Kota Malang. Angket telah diuji validitas dan reliabilitas data. Studi ini juga memakai uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji R2, dan analisis regresi linier berganda. Penemuan utama riset ini ialah sebagai berikut: (1) Pengetahuan prinsip syariah, efisiensi pembukaan rekening online, dan promosi menabung secara bersamaan memiliki dampak pada keputusan menabung di bank syariah; dengan kata lain, efisiensi pembukaan rekening online memiliki dampak yang relevan pada ketetapan menabung di bank syariah. (2) Efektivitas pembukaan rekening online memiliki dampak yang relevan pada keputusan menabung di bank syariah. (3) Wawasan menabung memberikan dampak yang relevan pada keputusan (4) Promosi menabung memengaruhi pilihan pelanggan untuk menabung di bank syariah.


Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Ponorogo.

Hasanuddin, R., SS, A. S., & Nofrianto, N. (2019). Pengaruh Produk, Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah. INNOVATIO: Journal for Religious Innovations Studies, 19(2), 191-206.

Herid. (2017). Pengaruh Promosi Tehadap Keputusan Menabung Nasabah

Kotler, & Keller (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran Yogyakarta:Erlangga

Hamdani & Lupiyoadi (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: SalembaEmpat.

Lupiyoadi (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Komputer (Edisi 3). SalembaEmpat.

Ridha & Paradhina, (2021). Pengaruh promosion online dan offline terhadap minat nasabah padamasa pandemi covid-19 (studi kasus di bank sumut syariah cabang tebing tinggi). 19.

Putri, A.D (2016) Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung ProdukTabungan PT.BSM. Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri Simpang Patal Palembang

Rani, I. D. (2022). Pengaruh Efektivitas Pembukaan Rekening Online Dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Di Jawa Timur).

Iga. R (2014). Efektivitas Program Nasional Pengabdian Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir Di Desa Mantren Kec Karangrejo 70 Kabupaten Madetaan. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat.

Saputra, A. E. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menabung Dengan Minat Menabung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(1), 8-20.

Saraswati, N, (2016). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Muamalat Kcp Magelang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Magelang). Semarang: UIN Walisongo

Sa’diyah & Marlena (2018). Use of e-toll Cards: Satisfied Consumers? Jurnal Manajemen Motivasi, 14(2), 73. https://doi.org/10.29406/jmm.v14i2.1193

Setiadi, N. J. (2005). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Strategi dan RisetPemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono.(2011). Metode Riset Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono (2015). Metode Riset Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS (1 ed.). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Sumar’in. (2012). Konsep Kelembagaan Bank Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2011. Metode Riset Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Riset. Metode Riset.

Iiin. Y (2013). Efektivitas dan Resiko Penggunaan Bank Mobile Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Bertransaksi di Bank Syariah Mandiri (BSM). In Skripsi (Vol. 53, Issue 9).

Agus Z. (2020). Pengaruh Promosion, Service Quality, Mobile Banking Dan Sharia Compliance Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Bank Mandiri SyariahKendal). Skripsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.