PERANCANGAN MESIN PENGUPAS DAN PEMBELAH KELAPA MUDA

febriiko ivan kusumayani

Abstract


Di Indonesia, ditemukan di hampir semua provinsi, dari daerah pantai datar hingga daerah pegunungan tinggi. Salah satu hasil dari kelapa adalah air dan daging dari kelapa yang digunakan untuk konsumsi. Secara umum, proses pengupasan dan pemisahan kelapa muda masih menggunakan proses manual sehingga membutuhkan banyak usaha, waktu yang lama, dan alat yang tajam untuk mengupas dan membelah kelapa muda. Untuk mengatasinya perlu dirancang alat pemecah kelapa muda yang lebih efisien, oleh karena itu penulis ingin merancang alat pemecah kelapa muda dengan sistem hidrolik.
Dalam perencanaan ini para peneliti melakukan studi literatur untuk tahap awal dari tahap selanjutnya dari penelitian para peneliti melakukan pemilihan komponen apa yang akan digunakan dalam desain ini dan peralatan apa yang akan digunakan, ini dilakukan untuk menghemat waktu dalam merancang proses sambil memudahkan peneliti untuk melakukan perencanaan proses. Setelah semua peralatan dan bahan dikumpulkan, maka peneliti melakukan proses pemasangan alat dan melakukan proses pengujian alat tersebut.
Dari hasil perhitungan diperoleh kesimpulan dengan motor yang digunakan dalam perancangan kali ini adalah 1HP, dengan kecepatan putaran 60 rpm dari diameter puli pada poros 75 mm dan diameter pulley penggerak 210 mm sehingga menghasilkan rencana momen 2289.41 Kg.mm dan daya yang dapat ditransmisikan pada 0.794 Kg.m / s. untuk bantalan yang digunakan menggunakan besi cor tipe bola 6002, dengan masa pakai 500.000 jam operasi, dengan keandalan bantalan 105000 ≥30000 (baik) dengan tegangan geser yang terjadi pada pasak 0,53 Kg / mm2 <4 Kg / mm2.


Full Text:

PDF Remote

Refbacks

  • There are currently no refbacks.