ANALISA KEKUATAN SAMBUNGAN LAS MIG PADA ALUMUNIUM PADUAN 6061 DENGAN VARIASI MEDIA PENDINGIN

Izharul Haq

Abstract


Teknologi pengelasan merupakan bagian integral dari teknologi manufaktur. Pengelasan secara umum dapat diartikan sebagai sambungan metalurgi pada sambungan logam atau paduan yang dilakukan pada saat logam dalam keadaan cair. Pada penelitian ini digunakan pengelasan MIG (Metal Inert Gas) pada material paduan aluminium 6061 dengan menggunakan berbagai media pendingin berupa udara bebas, air dan oli SAE40. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pendingin terhadap kekuatan Tarik Penelitian ini menggunakan metode eksperimen sejati dengan mengumpulkan data dari hasil berbagai perlakuan.

Dari hasil analisa data penelitian, kekuatan sambungan las mig pada alumunium paduan 6061 menggunakan variasi media pendingin, diperoleh data rata-rata kekuatan tarik tertinggi sebesar 16,38 kg/mm2 pada media pendingin udara dengan regangan sebesar 1,96% dan terendah terdapat pada media pendingin air sebesar 6,94 kg/mm2 dengan regangan sebesar 0,8%. Sedangkan pada media pendigin oli rata-rata kekuatan tarik yaitu 11,08 kg/mm2 dengan regangan 1,3%.


Full Text:

PDF Remote

References


R. Suratman and H. Sonowan, Pengantar Untuk Memahami Proses Pengelasan Logam. 2006.

H. Wiryosumarto and T. Okumura, Teknologi Pengelasan Logam. 2000.

ASM, “Asm metals handbook, vol 09 metallography and microstructure,” [Online]. Available: http://es.slideshare.net/miftaAlHkiem/asm-metals-handbook-vol-09-metallography-and-microstructure.

Linda Andewi, “Pengaruh Variasi Arus Pada Hasil Pengelasan Tig ( Tungsten Inert Gas ) Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanis Pada Alumunium 6061,” Tugas Akhir Sarjana, Univ. Negeri Semarang, 2016.

H. Saputra, A. Syarief, and Y. Maulana, “Analisis Pengaruh Media Pendingin Terhadap Kekuatan Tarik Baja St37 Pasca Pengelasan Menggunakan Las Listrik,” J. Ilm. Tek. Mesin Unlam, vol. 03, no. 2, pp. 91–98, 2014.

T. Surdia and S. SAITO, PENGETAHUAN BAHAN TEKNIK, vol. 8, no. 3. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.