RANCANG BANGUN APLIKASI TANGGA NADA DIATONIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI MUSIK BERBASIS ANDROID

Fada’ilul Amal, Fawaidul Badri, M. Jasa Afroni

Sari


Penelitian ini membahas mengenai perancangan aplikasi tangga nada diatonis, pembangunan aplikasi ini
dilakukan untuk media pembelajaran seni musik yang berfokus pada tangga nada diatonis. Aplikasi ini dirancang
untuk membuat media pembelajaran “Diatonic Scaleâ€. Metode penelitian yang diterapkan untuk pembangunan
aplikasi ini adalah metode Waterfall dengan melalui 5 tahapan yaitu Analisis Kebutuhan (Requirement),
Perancangan (Design), Penerapan (Implementation), Pembuktian (Verification), dan Pemeliharaan
(Maintenance). Dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun aplikasi tangga nada diatonis, dan juga
untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi sebagai media pembelajaran seni musik. Aplikasi yang di rancang
ini diharapkan dapat membantu untuk proses belajar tangga nada diatonis dengan metode yang baru
menggunakan aplikasi “Diatonic Scale†sebagai sarana pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran tidak
menjenuhkan dan lebih menarik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan google forms
dengan subjek penelitian untuk media pembelajaran seni musik. Hasil dari pengujian aplikasi ini terdiri dari 50
responden dan didapatkan hasil yang sangat layak dengan presentasi kelayakan 92%. Berdasarkan hasil
pengujian dari pengguna dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Diatonic Scale†ini layak digunakan sebagai media
pembelajaran seni musik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gandhiwiria, Riyadi, J. I., & Soebandi. (2016). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN NOTASI DAN TANGGA NADA DENGAN PARTITUR BERBASIS ANDROID. Jurnal InTekSis Vol 2 No 2, 55-61.

Vivi, N., Resa, R., & Oyon, H. P. (2021). Pengembangan Multimedia Tangga Nada Diatonis untuk Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Vol. 8, No. 2 (2021) 364-377, 364-377.

Alliyulman, J., Nisa, F., & Fat'hah, N. P. (2021). AR Melody: Augmented Reality Application For Piano Music Learning. ISSN : 2442-5826, 1961-1966.

Veronica, Y. K. (2021). Perancangan Aransemen Lagu Suwe Ora Jamu dan Cublak-Cublak Suweng Ditinjau dari Perspektif Ilmu Harmoni Dasar. Vol. 22 No. 1, April 2021: 36-47, 36-47.

Syaify, D. C. (2018). Aplikasi Perfect Ear Sebagai Media Inovatif Belajar Teori Musik. 319-324.

Durand, F., Alwin, M. S., & Brave, A. S. (2019). Aplikasi Virtual Reality Untuk Edukasi Musik. Jurnal Teknik Informatika Vol 14 no.3 Juli-September 2019, ISSN: 2301-8364, 313-320.

Adi, P., Ida, W., & Khoiru, N. (2019). Aplikasi Musicroid sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 78-87.

Branckly, E. P. (2020). Template Khusus Untuk Menulis Notasi Angka: Modifikasi Fungsi Tools Program Aplikasi Musik Finale. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), Vol. 7 No. 1, Februari 2020 e-ISSN 2715-7393 (Media Online), p-ISSN 2407-389X (Media Cetak) DOI 10.30865/jurikom.v7i1.1981, 169-174.

Gerry, V. J. (2020). APLIKASI SIMPLY PIANO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PIANO POP TINGKAT DASAR. JURNAL Program Studi S-1 Pendidikan Musik, 1-10.

Juan, A., Aloysius, M., & Diecky, K. I. (2019). IMPLEMENTASI TEKNIK CLUSTER PADA SCALETETRATONIK DAN PENTATONIK DALAM KARYAKARAKE’ DAN INANG. Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, FKIP, UNTAN, 1-8.

Arumsari, P. P. (2016). APLIKASI PERSAMAAN KONGRUENSI PADA PERPINDAHAN TANGGA NADA SEBUAH LAGU. Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang 2016, 1-114.

Lukas, C., Rudy, H., & Lukito, E. N. (2012). Pengembangan Aplikasi Konversi Representasi Not Balok Ke Not Angka Untuk Paduan Suara Campur. rekayasa perangkat lunak, konversi notasi musik, MusicXML , 1-11.

Ermayanti, A. M. (2015). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN NOTASI MUSIK PIANO UNTUK MELATIH MENINGKATKAN KECERDASAN MANUSIA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0. Seminar Nasional Informatika 2015, 435-441.

Arin, P. R. (2017). M-LEARNING TEORI MUSIK DALAM APLIKASI SMARTPHONE ANDROID. Arin Pradikasetya Rahmawati, Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati, Rully Aprilia Zandra M-LEARNING TEORI MUSIK DALAM APLIKASI SMARTPHONE ANDROID, 128-135.

V, Y. K. (2015). Perpaduan Nadaâ€nada dalam Perspektif Harmoni dan Ap†likasinya Terhadap Mahasiswa . ISSN: 2338â€039007, 149-162.

Siti, N., Dr. Hj, S. M., & Drs, T. P. (2015). APLIKASI NOTASI ANGKA TIMBUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN LAGU PADA SISWA TUNANETRA DI SLBN-A PAJAJARAN BANDUNG. Aplikasi Notasi Angka Timbul Untuk Meningkatkan Penguasaan Lagu Pada Siswa Tunanetra di SLBN-A Pajajaran Bandung Vol 1, No 1, November 2015, 1-10.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.