Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Motivasi dan Manfaat Investasi Terhadap Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Malang)

Sopia Sopia, Maslichah Maslichah, M. Cholid Mawardi

Abstract


This research intends to ascertain how investing knowledge, motivation, and imbalanced investment returns impact students' desire in taking part in the capital market. 246 current undergraduate accounting students from the 2019 classes of the Islamic University of Malang, State University of Malang, and University of Muhammadiyah Malang participated in this quantitative survey. A Likert-based questionnaire was utilized in this research to gather data. These were the responses: One strongly disagrees, two disagree, three disagree, four agree, and five disagree. According to the findings of the study conducted on the Class of 2019 Dynamic S1 Bookkeeping students, undergrads' ability to invest in the capital market is significantly influenced by their financial education, venture knowledge, motivation, and advantages from speculating.

Keywords: Financial literacy, investment knowledge, motivation, benefits of investment, student interest in investing in the capital market.


Full Text:

PDF

References


Aji, B. P. 2021. Pengaruh literasi keuangan, motivasi, manfaat investasi Dan pengetahuan investasi terhadap minat mahasiswa Dalam berinvestasi di pasar modal. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal EcoGen, 2(4), 734-746.

Aprilia, Z. (2015). Pengaruh locus of control, financial knowledge dan personal income terhadap financial management .behavior pada karyawan KPP Pratama Blitar. Skripsi. Malang. Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta. No. 172

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). ‘Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal’. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56.

Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi kehidupan. GUEPEDIA.

Dewi, L.P.S., & Gayatri. (2021). Determinan yang Berpengaruh pada Minat Investasi di Pasar Modal. E-Jurnal Akuntansi, 31(5), 1082-1096

Firyanti, I. &. (2015). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berbisnis Dengan Sistem Multi Level Marketing (Studi Kasus: Member PT . Melia Sehat Sejahtera).E-Proceeding of Management, (hal. 2(1), 716–723.).

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Edisi Keenam. Cetakan Keenam. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Haidir, M. S. (2019). Pengaruh pemahaman investasi, dengan modal minimal dan motivasi terhadap minat mahasiswa dalam melakukan investasi di pasar modal syariah. Jurnal Istiqro, 5(2).

Harjito, A., dan Martono. 2014. Manajemen Keuangan. Edisi 2. Yogyakarta. Ekonisia. No 383.

Hariyanto, dan Damayanti (2022) Pengaruh Literasi Keuangan, Motivasi, Return Dan Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar modal. Vol. 5, No. 2, October 2022.

Himmah, A., Imtikhanah, S., & Hidayah, R. (2020). Peran Minat Investasi Dalam Memediasi Modal Minimal Investasi Terhadap Keputusan Investasi ( Studi Kasus Investor Pada BEI Berdomisili Kota Pekalongan ). Jurnal Neraca, 16(2), 111–128.

Humaira, I. & Sagoro, E. SM. (2018) Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul’, Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1). doi: 10.21831/nominal.v7i1.19363.

Ijlalludin, M. F (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham Di Pasar Modal Pada Masa Pandemi (Studi kasus Pada Mahasiswa di Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Jogiyanto.2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Keempat. BPFE UGM. Yogyakarta.

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), Vol. 1 No. 2, Mei 2011, P: ISSN:2302-514X. e:ISSN:2303-1018.

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi , Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal ( Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang ). 2(1), 49–70

Manurung Jonni J., dan Adler H. Manurung, 2009. Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Moneter. Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2).

Noor, Henry Faizal. 2014. Investasi, Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Edisi Revisi. Jakarta:Mitra Wacana Media.

Nur Aini. (2017, Agustus 130. Ekonomi. Dipetik Oktober 31, 2021, dari OJK: Pasar Modal Indonesia Berkembang Sangat Pesat:

https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/17/08/13/oulvh0382 ojk-pasar-modalindonesia-berkembang-sangat-pesat

Pajar, R. C. 2017. Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY, Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 1 No. 2, 2-11.

& Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh motivasi investasi dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FE UNY. Profita, 1(2), 1–16.

Pangestika, T., dan Rusliati, E. (2019). Literasi Dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol 12 No (1),37. https://doi.org/10.23969/ jrbm.v12i1.1524

POJK Nomor 76/POJK.07/2016 Tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau masyarakat:

https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis korelasi, regresi, dan multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Saputra, D. (2018). Pengaruh manfaat, modal, motivasi dan edukasi terhadap minat dalam berinvestasi di Pasar Modal. Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5(2), 178-190.

https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297

Sujarweni, V.W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Al-fabeta.

Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal Manajemen Portfolio & Investasi (G. Sudibyo, Ed.). Yogyakarta: PT Kanisius. No. 25

Tandio, T. dan Widanaputra, A. A. G. P (2016). Pengaruh pelatihan pasar modal, return, persepsi Risiko, gender, dan kemajuan teknologi pada minat Investasi mahasiswa. Vol.16.3. September (2016): 2316-2341.

Triana, O. F. & Yudiantoro, D (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, Vol 4, No. 1, 2022, 21 - 32 eISSN 2685-9904

Wardani A. K, & Lutfi (2017). Pengaruh literasi keuangan, experienced regret, risk tolerance, dan motivasi pada keputusan investasi keluarga dalam perspektif masyarakat Bali. Volume 6 Number 2.

Wibowo, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa Fe Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi Fe Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 192–201.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26.

https://dpmpt.kulonprogokab.go.id/detil/1432/investasi-indonesia-bergerak-bangkit-pasca-pandemi

https://www.cnbcindonesia.com/market/20221230172435-17-401622/fakta--fakta-ihsg-pasar-modal-ri-sepanjang-2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License