Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-commerce Pada Aplikasi Penjualan Online Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM di Kota Malang)

Muhammad Ulil Albab, Maslichah Maslichah, Afifudin Afifudin

Abstract


This study aims to analyze the factors that influence interest in using e-commerce -based accounting information systems in online sales applications. This research is a quantitative study using primary data obtained from questionnaires and measured using a Likert scale of 1-5. The population in this study were MSME actors in Malang, the sample used slovin with a total of 99 respondents. This data uses the SPSS 25 for windows analysis technique. The results showed that Perceived ease of use, usefulness, and trust had a simultaneous effect (F) on user interest in e-commerce -based accounting information systems in online sales applications. Perceived ease of use has a positive impact on interest in using e-commerce -based accounting information systems in online sales applications. Perceived usefulness has no effect on interest in using e-commerce -based accounting information systems in online sales applications. Trust has a positive impact on interest in using e-commerce -based accounting information systems in online sales applications.

Keywords: Perceived ease of use, perceived usefulness, trust interest in use


Full Text:

PDF

References


Agung, I. G., Permata, A., & Rahyuda, I, K. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Repurchase Intention. 10(02), 61–72.

Afifah, A., Ainun, K, R., & Hasnawati. (2022) Analisis Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Aplikasi E-commerce Menggunakan TAM Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Trisakti.Vol. 2 No.2.

Andrie,C.S., & Bambang, P. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko Terhadap Perilaku E-commerce . Vol.1, No.2, 411-466.

Budiastuti, P., & Muid, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Pada Aplikasi Shopee Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 1–10.

Davis, F. D. (1989). Percieved Usefulness, Percieved Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology, MIS Quarterly. Vol. 13, No. 3, 319-339.

Dianari, R.G.F.2017. Pengaruh E-commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia".Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Katolik Soegijapranata.

Febriyanto, N. (2019). Persepsi Masyarakat Kota Semarang Dalam Menggunakan E-Money. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Universitas Katolik Soegijapranata.

Iis Awaliah. (2021). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-commerce Pada Aplikasi Penjualan Online Dengan Menggunakan Technology Accepted Model (TAM).

Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan ed. rev. Yogyakarta: Andi.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta:Salemba Empat.

Oktapiani, Y., Rosario, M., & Nehemia, A. (2020). Analisis Minat Penggunaan Aplikasi Brimo Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, 2(3), 249-260.

Riski, L., Nur, D., & Afifudin. (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-commerce Pada Aplikasi Shopee. E-Jra Vol 11.No.2

Saadah, N., Nur Hakim, M. A., & Imron, A. (2022). Perilaku Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Pada Pelaku Usaha UMKM Dalam Bisnis E-commerce . Jurnal Infomasi, Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik, 17(2), 195–218.

Siti, R., & Inayah, S.M. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Generasi Milineal Kota Semarang. 1(2) 66-80.

Sri, R, P., & Ratih, F, Y. (2022) Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Gopaylater Pada Aplikasi Gojek. Vol.1, No. 6, 114-122.

Sugiyono; P. D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License