Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Pendidikan Kewirausahaan dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang)

Muhammad Iqbal Achdiyat, Maslichah Maslichah, Irma Hidayati

Abstract


Entrepreneurial interest is the desire, interest, and individual willingness to work hard to meet their needs and run their own business without fear of the risks that will occur. This study aims to determine the effect of using social media, entrepreneurship education and accounting knowledge on students' interest in entrepreneurship both simultaneously and partially. The research method uses a correlational method with a quantitative approach. The data used is primary data using a questionnaire. The population in this study were accounting and business administration students class 2019 - 2020, Faculty of Economics and Business and Faculty of Administrative Sciences, Islamic University of Malang, and the sample was taken using purposive sampling, the data obtained was 90 respondents. Data analysis using multiple linear regression analysis. While data processing uses IBM SPSS 26. The results of the analysis show that the use of social media has a positive and significant effect on student interest in entrepreneurship, entrepreneurship education has no effect on student interest in entrepreneurship and accounting knowledge has a positive and significant effect on student interest in entrepreneurship.

Keywords: Utilization of Social Media, Entrepreneurship Education, Accounting Knowledge and Student Interests in Entrepreneurship


Full Text:

PDF

References


Adityo, Benito & Khasanah, Imroatul. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus. Jurnal, Semarang: Universitas Dipenogoro.

Anggraeni, Bety & Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Volume X Nomor 1 Juni. SMK Islam Nusantara Comal.

Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 98-114.

Budiati., dkk (2012). Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 14(1) 89-90.

Hadiah, Fitriyah. (2006). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Menengah Kab. Sidoarjo. Tesis. Universitas Airlangga Surabaya.

Hamdani, Amid. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan dan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi.

Keller, K. Lane. (2016). Strategi Bauran Pemasaran. Jakarta : Indeks

Khairani, Makmun. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Mahdiyyah, K. F., Subroto, W. T., & Surabaya, U. N. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. 1(2), 175–188.

Nasikhin, T. (2019). Pengaruh motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan) (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Pramudita, R. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pengetahuan Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Siswa Kelas 12 SMK Yapin 02 Setu (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa)

Rachmawati, D & Wahyuni, W. (2020). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Raya, A. N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Latar Belakang Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di Tengah Situasi Pandemi (Sukabumi). Economic Education and Entrepreneurship Journal, 4(1), 48.

Sari Rochmawati. (2013). Pengaruh Sikap Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Persepsian, Persepsian Resiko, Persepsian Kebermanfaatan Terhadap Niat Penggunaan Kartu Kredit, jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Sari, Ni Made Ari Maya. 2015. Pengaruh Kepribadian Wirausaha dan Pengetahuan Akuntansi Pada Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pembuatan Keputusan Investasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 11, No. 1, 2015, hal: 303-319.

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268-283.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License