Dampak Tipe Kepribadian, IPK, dan Jenis Kelamin pada Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Berbasis Online yang Dimoderasi oleh Kecemasan Berteknologi (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Akuntansi Fakultas Ekonomi Unisma dan UIN)

Ismi Istihanah Hermawan, Nur Diana, M. Cholid Mawardi

Abstract


The Purpose of this study was to determine the impact of personality, GPA and gender on the effectiveness of online-based accounting learning moderated by technological anxiety. This study uses explanatory research, the method used to analyse is Descriptive Statistical Analysis, Multiple Linear Regression Analysis, Moderation Regression Analysis, Instrument Test, Classical Assumption Test, and Hypothesis Test. The sample of this study were students of the Islamic University of Malang and State Islamic University of Malang majoring in accounting, the sample used was 268 respondents. The results showed that personality type, GPA, and gender had a simultaneous effect on the effectiveness of online-based accounting learning. Personality type and gender have a significant influence with a confidence level of 5% on the effectiveness of online-based accounting learning because they have a tcount > ttable with a significance < 0.05. Meanwhile, GPA has no significant effect on the effectiveness of online-based accounting learning because it has a tcount < ttable with a significance of > 0.05.

Keyword : Personality type, GPA, gender, technology anxiety.


Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik Dan Model Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.

Ariyanto, Dodik, Ayu Aryista Dewi, And I Made Sukartha. “Computer Anxiety Dalam Konteks Pendidikan Akuntansi.” Modus 29(1): 2017.

Azwar, S. 2002. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aji, Rizqon Halal Syah. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran” Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, 2020:396

Basori, Mr. 2004. “Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan 7. Doi: 10.20961/Jiptek.V7i2.12722.

Dinar, Widyo Utomo. 2012. “Pengaruh Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Keahlian Mahasiswa Akuntansi Dalam Penggunaan Komputer Pada Penulisan Skripsi.”

Fahdiansyah, Restu, And Andi Sofyan Anas. 2017. “Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Perkembangan Sistem Informasi Dalam Akuntansi.” Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 5(November):246–53.

Falahudin, Iwan. 2014. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran.” Jurnal Lingkar Widyaiswara (1(4), 104-117.).

Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender Dan Transformasi Sosial. Y Okyakarta: Pustaka Pelajar.

Hungu. 2007. Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Khoirul Muslimin. 2013. “Faktor – Faktor yang Memperngaruhi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum (Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara)”

Mahar, D., Henderson, R., & Deane, F. 1997. 22 The Effect Of Computer Anxiety, State Anxiety, And Computer Experience On Users Performance Of Computer Based Tasks. 5th Ed. Personality And Individual Difference.

Nursalam. 2008. Karakteristik E-Learning Menurut Nursalam (2008): Jakarta: Salemba Medika.

Partinah, Tien, And Syawal Basri Harahap. 2016. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Komulatif… Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Komulatif (Ipk) Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta.” 2(2).

Popham, W. J., & Baker, E. L. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). Jakarta: Rineka Cipta.

Retno, Dewie. 2007. “Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan Sma Negeri I Sewon-Bantul Yogyakarta.”

Rusman, DK, And C Riyana. 2011. 1 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.

Rustiana. 2004. “Computer Self Efficacy (Cse) Mahasiswa Akuntansi Dalam Penggunaan Teknologi Informasi: Tinjauan Perspektif Gender.” Http://Puslit.Petra.Ac.Id/Journals/Accounting/.

Setyowati, W W, L Anifah, T Rijanto, And L Nurlaela. 2020. “Optimalisasi Prestasi Belajar Melalui Sikap Kemandirian Belajar Siswa SMK Jurusan Multimedia.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 17(1).

Sidqiyah, Fikria Lailatus. 2018. “Kecemasan Berlomputer Dalam Konteks Pendidikan: Hubungan Tipe Kepribadian, IPK Dan Jenis Kelamin.” 7(1).

Sujarweni, V Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. 80th Ed. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Teti Wahyuni. 2021. “Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD di Aceh Besar”.

Yusuf, Syamsu, And Jantika Nurihsan Nurihsan. 2011. Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wardhaugh, Ronald. 2022. An Introduction To Sociolinguistics. 4th Ed. Oxford: Blackwell Publishe.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License