Implementasi Pendekatan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Kinerja Perusahaan pada PT. PLN ULP Lawang

Lingga Aprilia Putri Yuana, Dwiyani Sudaryanti, Arista Fauzi Kartika Sari

Abstract


Performance is the result of work in quality and quantity that can be achieved by an employee in carrying out his main duties and functions as an employee in accordance with the responsibilities given or entrusted. The more rapid development, especially in the industrial sector, both home industries and large industries, causes the need for electricity supply to increase. This is a challenge for PT. PLN (Persero) ULP Lawang to improve performance in all aspects using a method that has an overall measurement variable, namely the Balanced scorecard. The purpose of this study was to determine the performance of PLN ULP Lawang as measured by using the Balanced scorecard. By using a qualitative method which is a research procedure that produces data in the form of written or spoken words from the observed behavior. Based on the results of the analysis of the performance measurement of PLN ULP Lawang using a Balanced scorecard, each perspective is said to be relatively good.

Keywords: Balanced scorecard, performance, perspective, PT PLN (Persero) ULP Lawang

Full Text:

PDF

References


Anthony, Robert N. dan Govindarajan, Vijay (2009). Sistem Pengendalian Manajemen. Salemba Empat, Jakarta.

Desmond Wira. 2015. Memulai Investasi Saham. T.t.p: Exceed.

Gaspersz, Vincent (2013), All-in-one 150 Key Performance Indicators and Balanced scorecard, Malcom Baldrige, Leans Six Sigma Suplly Chain Management, Tri-Al-Bros Publishing, Jakarta.

Helfert, Erich A. 1996 “Tehnik Analisis Keuangan: Petunjuk Praktis Untuk Mengelola dan Mengukur Kinerja Perusahaan”, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Henry Simamora. 2014. Manajemen Sumber Sumber Daya Manusia. Bina Aksara :Jakarta.

Ilyas, Y. 1999. Kinerja: Teori Penilaian dan Penelitian. Jakarta: FKM UI. IQ. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Kaplan Robert S and David P. Norton. 2000. Balanced scorecard: menerapkan strategi menjadi aksi. Jakarta: Erlangga.

Kurniati, F., 2021. PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DI INDONESIA, 7(1), 11-24 http://journal.stie-yppi.ac.id/index.php/BBM/article/view/353

Luis, Suwardi dan Biromo (2013), Step by Step in Cascading Balanced scorecard to Functional Scorecards, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mahmudi. 2005 Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP AMP YKPN : Yogyakarta.

Moehriono. 2012 Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan indikator kinerja Utama (IKU) Bisnis dan Publik. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Mulyadi. (2014) Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced scorecard. Cetakan Ketiga. UPP STIMYKPN. Yogyakarta.

Mulyadi dan Setyawan Jhony. 2000. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen Edisi Ke-2. Jakarta: Salemba Empat

Payaman Simanjuntak. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. FE UI :Jakarta.

Perdana, R. and Retnani, E., 2022. IMPLEMENTASI STRATEGI DAN PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. Jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id., 8(4), 2-18 , http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2366

Prawironegoro, Darsono dan Ari Purwanti. (2009). Akuntansi Manajemen. Edisi Ketiga, Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Riyoko, M. E. (2019). PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD PADA PT KAI DAOP VIII SURABAYA, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(1). 279–294. https://doi.org/http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/759

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. BPFE : Yogyakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Sulistiyanto, D. D. (2019). PENERAPAN STRATEGI BALANCED SCORECARD DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA MANAJEMEN, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6 (1), 46–68. https://doi.org/http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/ jira/article/view/73

Sulistyanto, H. Sri. 2017. Manajemen Laba, Teori dan Model Empiris. Jakarta:

Grasindo.

Tjiptono, 2007. “Strategi Pemasaran”, Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.

Verlandes, Y. V., & Hariati, S. (2019). Implementasi Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah Kabupaten Jombang dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 112–128. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/prive/article/view/480

Wibawa, R. (2020). IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA PT PEMBANGKITAN JAWA BALI SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6 (6), 2–17. https://doi.org/http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1214

Weston, J. Feed dan Thomas E. Copeland. 2010. Manajemen Keuangan. Binarupa Aksara : Jakarta.

Yuwono, S., 2008. Memahami APBD Dan Permasalahannya. Malang: Bayumedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License