Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021

Almaidah Khoiriah, Nur Diana, Junaidi Junaidi

Abstract


CSR disclosure is an important aspect in the company's sustainability. It’s because companies that are profitable in the long term are companies that operate on the principle of sustainability. The company's decisions are not only based on the profit motive, but also consider the impact on the community around the company. The purpose of this study is to determine the effect of firm size, liquidity, profitability on CSR disclosure. This research was conducted on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2021. The purposive sampling technique is used by the writer for this research. The method of data analysis is using descriptive statistical analysis, normality test, classical assumption test, multiple regression analysis and hypothesis testing. The results showed that firm size had a negative but not significant effect, then liquidity had a positive and significant effect, while profitability had a positive but not significant effect.

Keywords : Company size, liquidity, profitability and CSR


Full Text:

PDF

References


Abdurakhman, Hasanudin. (2018). Tanggung Jawab Sosial Industri Rokok. Diunduh dari https://news.detik.com/kolom/d-3803959/tanggung-jawab-sosial-industri-rokok, pada tanggal 6 April 2019.

Agustin, Dika. (2018). Pengaruh Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan CSR dengan Profitabilitas sebagai variabel Moderasi. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Surabaya.

Ashraf, Muhammad., Khan, Busra., dan Tariq, Rabia. (2017). Corporate Social Responsibility Impact on Financial Performance of Bank’s: Evidence from Asian Countries International. Journal of Academic Research in Business and Social Sciences Vol. 7, No. 4.

Awuy, Vinta P., Sayekti, Yosefa., dan Purnamawati, Indah. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.18. No.1 (15-26).

Bareksa. (2015). Kabar Laba Bersih Turun saham BBRI Ambrol 46 persen. Diunduh dari https://www.bareksa.com/id/text/2015/06/24/dikabarkan-laba-bersih-turun-74-saham-bbri-ambrol-46-persen-pada-sesi-ii/10818/analysis pada tanggal 2 Mei 2019.

Barnas, Alyssa N. , Hapsari, Dini W., dan Yudhowati, Siska P.(2016). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. e-Proceeding of Management, Vol.3 No.2 (1566).

Brigham & Houston . (2010). Dasar Dasar Manejemen Keuangan Buku 1. Edisi 11. Jakarta. Salemba Empat. Darmayanti,

Yeasy. (2008). Analisis Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Tterhadap Underprising pada Perusahaan ketika IPO. Padang. Bung Hatta University Press.

Dwianika, Agustine. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance , Interest Rates, Dan Exchange Rates Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Pada Emiten Sektor Manufaktur. Program Studi Akuntansi, Universitas Pembangunan Jaya 66 Hantono,

Teng Sauh Hwee. (2017). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Leverage terhadap Profitabilitas dengan Corporate Social Respnsibility sebagai variabel Intervening pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi Vol.4 No.3. Ibrahim,

Marwa El Maghawry. (2013). The Effect Of Corporate Social Responsibility On The Firm’s Financial Performace International Journal Of Business and Management Studies Vol.5 No.2. Indraswari , Gusti Ayu Dyah ., dan Astika ,

Ida Bagus Putra. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Saham Publik Pada Pengungkapan CSR. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.3 (816-828). Kaihatu, ST. (2006). Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan., Vol. 8, No. 1.

Kamil, Ahmad dan Antonius Herusetya. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility.Media Riset Akuntansi, Vol.2, No.1. Februari 2012.

Kristi, Agatha Aprinda. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Program Akuntansi Universitas Brawijaya, Malang. Kusumadilaga,

Rimba. (2010). Pengaruh corporate social Responsibility terhadap Nilai perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating . Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License