Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, Penyuluhan Pajak, Penggunaan Media Elektronik, dan Lingkungan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan

Desinta Fitria Dewi, Maslichah Maslichah, Junaidi Junaidi

Abstract


The purpose of this thesis is to find out about the Effect of Taxpayer Knowledge, Tax Rates, Tax Counseling, Use of Electronic Media, and Taxpayer Environment on Corporate Taxpayer Compliance at the Tax Service Office (KPP) Pratama Pamekasan. This research is a quantitative research using associative research type. The data collection technique was obtained by conducting interviews. The results of this study found that Taxpayer Knowledge, Tax Rates, Tax Counseling, and Use of Electronic Media had an effect on Taxpayer Compliance while the Taxpayer's Environment had no effect. Suggestions for further researchers to add other variables and expand the research location not only in one place.

Keywords: Taxes, Taxpayer Knowledge, Tax Rates, Tax Counseling, Use of Electronic Media, Taxpayer Environment, and Taxpayer Compliance.


Full Text:

PDF

References


Arham, A., Firmansyah, A., Nor, A. M. E., & Vito, B. (2020). Tax Aggressiveness Research inIndonesia: A Bibliographic Study. InternationalJournal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7),9526–9554.

Ariyanto, D., & Nuswantara, D. A. (2020). Pengaruh Persepsi Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Akuntansi UNESA, 8(3).

Artiryani, D. (2019). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sosialisasi Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan UMKM (Studi Kasus pada KPP Pratama Medan Kota).

Aryati, T., & Putritanti, L. R. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 1155-1168.

Bahmid, N. S., & Wahyudi, H. (2018). Pengaruh Pemungutan Pajak Hotel dan Pajak Hiburan Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 18(1).

Cahyani, L. P. G., & Noviari, N. (2019). Pengaruh tarif pajak, pemahaman perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 26(3), 1885-1911.

Debbianto, A. R. ( 14 Juni 2019).Kepatuhan UMKM, BDS, dan TeoriPerilaku. Dipetik 24 Desember 2019,dari https://pajak.go.id/id/artikel/kepatuhan-umkm-bds-dan-teori-perilaku.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., Winiard, P.W., & Budijanto, F. . (2012). Perilaku

konsumen. Binarupa Aksara.

Hardiningsih, P., & Yulianawati, N. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak. Dinamika keuangan dan Perbankan, 3(1), 126-142.

Jotopurnomo, C., & Mangoting, Y. (2013).Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan Fiskus, SanksiPerpajakan, Lingkungan Wajib PajakBerada Terhadap Kepatuhan WajibPajak Orang Pribadi Di Surabaya.Akuntansi Universitas Kristen Petra,Tax & Accounting, 01.

Kawengian, P. V., Sabijono, H., & Budiarso, N. S. (2017). Pengaruh lingkungan wajib pajak, kontrol keperilakuan yang dipersepsikan dan kewajiban moral terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kelurahan Paal Dua Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 12(2).

Kusbandiyah, A., Purnadi, P., & Pratama, B. C. (2022). DAMPAK PENERAPAN E-SYSTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA PURWOKERTO. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 22(2), 1104-1121.

Lestari, C. A. (2017). Pengaruh PengetahuanPerpajakan Dan Pemahaman PeraturanPemerintah No. 46 Tahun 2013Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardiasmo (2016). Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: Andi.

Maxuel, A., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm E-Commerce. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 21-29.

Muhamad, M. S., Asnawi, M., & Pangayow, B. J. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah, 14(1), 69-86.

Nugroho, R. A., & Zulaikha, Z. (2012). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Tengah Satu) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan (Konsepdan Aspek Formal). Bandung: Penerbit Rekayasa Sains.Pandiangan, L. (2014). AdministrasiPerpajakan, Pedoman Praktis BagiWajib Pajak di Indonesia. PenerbitErlangga.

Rahmat, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan e-filling, Sosialisasi Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Akhlak sebagai Variabel Moderasi (Studi pada KPP Pratama Makassar Selatan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Resmi, S. (2014). Perpajakan: Teori dan kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Rizky, M. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sosialisasi Perpajakan, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA).

Santi, A. N. (2012). Analisis PengaruhKesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda, dan SikapFiskus Terhadap Kepatuhan WajibPajak. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Susanti, I., Imam, M., & Yunifa, H. (2021). Analisis Sistem Manajemen DalamPengelolaan Bumdes Di Desa Bluluk. 5, 701–710.

Tawas, V. B., Poputra, A. T., & Lambey, R. (2017). Pengaruh sosialisasi perpajakan, tarif pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan pelaporan SPT tahunan wajib pajak orang pribadi (Studi kasus pada KPP pratama Bitung). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(4).

Wahyudi, D. F. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEADILAN PAJAK TERHADAP PERILAKU KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KPP PRATAMA PAMEKASAN (Doctoral dissertation, Universitas Madura).

Wardiana, W. 2002. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. UniversitasKomputer Indonesia. Bandung. Disampaikan pada Seminar dan PameranTeknologi Informasi. tanggal 9 Juli 2002. Prosiding.

Wulandari, S., Octaviani, R. M., Hardiyanti, W., & Fadhila, F. (2022). Determinasi Faktor yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 22(2), 1005-1016.

YUDISTIRA, A. (2020). Pengaruh Penyuluhan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Persepsi Pelaku UMKM Di Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License