PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN MINAT BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI PEMEDIASI (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI FEB UNIVERSITAS ISLAM MALANG)

Danang Guntoro, Moh. Amin, Arista Fauzi Kartika Sari

Abstract


This study aims to determine the effect of learning behavior on accounting understanding with interest in learning and self-confidence as a mediator in Accounting Students Class 2017, Faculty of Economics and Business (FEB), Islamic University of Malang. This study used primary data and the sample used in this study was 257, based on the slovin calculation, the sample obtained was 157 respondents. Questionnaires distributed as many as 157 questionnaires to respondents who are students of the Islamic University of Malang majoring. Questionnaires that did not return 0 and the number of questionnaires that were filled out incompletely were 6 respondents. So that the questionnaires that can be processed are 151.

Keyword : learning behavior, level of accounting understanding, interest in learning, confidence as a mediator


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I dan Fishben, 1988. Attitudes, Personality, and Behavior, Dorsey Press: Chicago.

Horngen, Charles T, dan Gary L. Sundem., 1993 Interduction to Management Accounting, Nint Edition, Englewood Clifft : Prentice Hall Inc.66-93 Dwi. et al. 2014

Suwardjono, 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. (Online).Tersedia: suwardjono.com/upload.perilaku- belajar-diperguruan-tinggi. (diakses pada tanggal 1 september 2012)

Budhiyanto, Ika Paskah. 2004. Pemahaman Akuntansi. Andi. Jakarta

Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Skripsi.Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Andri Novius. 2010. Analisis Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Dalam Menghadapi Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi.

Hariyoga, Septian dan Suprianto, Edy., 2011. Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan budaa terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi Xiv Aceh 2011: Universitas Syariah Kuala Banda Aceh www. Sna14aceh.com

Nugraha (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

Ishak, Prenichawati. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntasi (Studi pada mahasiswa akuntasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan Tahun 2010). Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Brawijaya

Sari (2013). Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi

Narindra (2018). Pengaruh Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntasi Dengan Minat Belajar Dan Kepercayaan Diri Sebagai Pemediasi

Husnurrosyidah. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Syariah dan Kecerdasan Adversitas Sebagai Variabel Mediasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License