PENGARUH PENYULUHAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, DAN TINGKAT KESADARAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Empiris terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)

Nila Wardhani Hermianti Putri, Nur Diana, Afifudin Afifudin

Abstract


This study aims to determine the effect of tax counseling, the quality of tax services, and the level of awareness of corporate taxpayer compliance. Researchers determined that corporate taxpayers who are actively registered at the Pratama Batu Tax Office are the population. Meanwhile, the researchers used probability random sampling technique in taking the sample, and to determine the number of samples using the Slovin formula with the results of 98 respondents. This research is classified as quantitative research with primary data obtained from distributing online questionnaires to respondents, as well as secondary data obtained from documents or literature. The method of data analysis was carried out by multiple linear regression analysis. Using SPSS 16.0 for windows. The results of this study indicate that tax counseling, tax service quality, and level of awareness have a significant effect on corporate taxpayer compliance either partially or simultaneously.

Keywords: Tax Counseling, Tax Service Quality, Awareness Level, and Taxpayer Compliance.


Full Text:

PDF

References


Adhikara, MF. Arrozi ,Maslichah,Nur Diana,Muhammad Basyir, Taxpayer Compliance Determinants: Perspective Of Theory Of Planned Behavior And Theory Of Attribution, International Journal of Business and Applied Social Science(IJBASS), 2022, 8(1), PP.33-42 E-ISSN: 2469-6501

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dio, A. R., & Devi, P. 2011. Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Persepsi Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banyuwangi). The Indonesian Accounting Review, 1(01), 27.

Fitria, A., Sonjaya, Y., & Pasolo, M. R. 2021. Pengaruh Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Accounting Journal Universitas Yapis Papua, 2(2), 72–87.

Fitria, D. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(1), 30.

Hardiningsih, Pancawati dan Nila Yulianawati. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3, No. 1. Hal. 126 – 142.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Herryanto, Marisa & Agus Trianto Toly. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan, dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Tax Accounting Review, Vol. 1, No. 1. 124-135.

I Gede Putu Pranadata. 2014. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, dan Pelaksanaan Sanksi Pajak, terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Batu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB (Vol 2, No. 2: Semester Genap 2013/2014). Hlm. 1-16. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Kirana Cipta Komala, Suhadak, M. G. W. E. N. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Manik, Asri Wuri. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Skripsi. Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2018. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Muliari, Setiawan. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi & Bisnis, Volume 6. No.1.

Pajak.go.id. Wajib Pajak dan NPWP. Diakses pada 7 Oktober 2021, dari https://www.pajak.go.id/id/wajib-pajak-dan-npwp.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 59/PMK.03/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Asisten Penyuluh Pajak.

Pratama, R. A., & Mulyani, E. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1293–1306.

Rahayu Kurnia Siti, Narmantu Saftri dan Nasucha Chaizi. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep & Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Wahyono, F. E., Rahmawati, S., Lubis, F., & Simanjuntak, T. H. 2018. Pengaruh Pemeriksaan Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Forum Ekonomi, 20(2), 64–73.

Wardani, Dewi Kusuma., dan Rumiyatun. 2017. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, dan Sistem Samsat Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Vol. 5 No. 1 Juni 2017: 15-24.

Wijayanto, G. J., & Yushita, A. N. 2017. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman prosedur Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) di Kota Magelang Tahun 2015. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(1).

Yudistira, A. M. A. 2020. “Pengaruh Penyuluhan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak : Persepsi Pelaku UMKM Di Kota Makassar”. 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License