PENGARUH SIZE, LEVERAGE, PROFITABILITY, CAPITAL INTTENSITY RATIO DAN ACTIVITY RATIO TERHADAP EFFECTIVE TAX RATE (ETR) (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di BEI Selama Periode 2011-2015)

Khusniyah Tri Ambarukmi, Nur Diana

Abstract


Abstraksi

Effective tax rate (etr) adalah penerapan keefektifan suatu perusahaan dalam mengelola beban pajaknya dengan membandingkan beban pajak dengan total pendapatan bersih. Semakin rendah persentase etr, semakin baik kinerja suatu perusahaan dalam mengelola keefektifitasan pajaknya. Hal ini merupakan cara penghindaran pajak (tax avoidance) suatu perusahaan yang menjadi kendala pemerintah dalam mencapai tujuan meningkatkan pendapatan negara dari sektor pajaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh size, leverage, profitability, capital inttensity ratio dan activity ratio terhadap effective tax rate (etr) yang terdaftar di bei tahun 2011 sampai dengan 2015.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ-45 yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) pada tahun 2011-2015. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria, diperoleh 40 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Size berpengaruh signifikan positif terhadap effective tax rate dibuktikan dengan koefisien betha 0,564 dan tingkat signifikan sebesar 0,000. 2) Leverage tidak berpengaruh signifikan positif terhadap effective tax rate dibuktikan dengan koefisien betha 0,77 dan tingkat signifikan sebesar 0,317. 3) Profitability tidak berpengaruh signifikan positif terhadap Effective Tax Rate dibuktikan dengan koefisien betha 0,127 dan tingkat signifikansi sebesar 0,290. 4) Capital intensity ratio berpengaruh tidak signifikan negatif terhadap Effective Tax Rate dibuktikan dengan koefisien betha -0,061 dan tingkat signifikan sebesar 0,700. 5) Activity ratio berpengaruh signifikan negatif terhadap Effective Tax Rate dibuktikan dengan koefisien betha 0,550 dan tingkat signifikan sebesar 0,000.
Kata Kunci: Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio, Activity Ratio, Effective Tax Rate.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License