PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN VOLUME PERDAGANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020)

Larangga Wildan Tanzul Fikri, Junaidi Junaidi, Hariri Hariri

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of Corporate Social Responsibility on company value and the trading volume. The population in this study were all manufacture company food and drink sub sector that listed on IDX for the period 2017 until 2020. The sample used was 13 company samples that met the criteria for the research subject in 2021. The analytical method used was simple linear regression, normality test, descriptive statistical analysis, and hypothesis testing. The results of the study indicate that Corporate Social Responsibility affect company value and the trading volume.

Keywords: Corporate Social Responsibility, Company Value, and Trading Volume


Full Text:

PDF

References


Almilia, L. S & Retrinasari, I. 2007. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ. Proceeding Seminar Nasional

Agustina, Silviana, 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Bandi Dan Hartono Jogiyanto. 1999. Perilaku Reaksi Harga Dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Pengumuman Dividen . Simposium Nasional Akuntansi II Unibraw

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Godfrey, Jayne et al. 2010. Accounting Theory Seventh Edition.John Wiley Sons Australia Ltd.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hakim, Abdurrahman. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Volume Perdagangan Saham Studi Pada Perusahaan Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Herawaty, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variable Dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan

https://www.globalreporting.org/how-to-use-the-gri-standards/gri-standards-bahasa-indonesia-translations/

Husnan, Saud dan Pudjiastuti, Enny, 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Jensen, Michael C, dan W.H. Meckling. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3. hal. 305-360.

Nasution, Latif, Zubaidah, dkk. 2015. Pengaruh Volume Perdagangan Saham, Frekuensi Perdagangan Saham, Volatilitas Harga Saham, dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Makananan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Mahasiswa, Volume XX; 20

Nugrahanti, Widi, Yeterina, dan Astuti, Christina, Widhi. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Reaksi Pasar.Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Volume IV; 90-105.

Nurlela dan Islahudin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen.

Pohan, Hotman Tohir, Noor, Ice Nasyirah dan Bhakti, Fatrya Yudha. 2019. Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Trisakti

Rahmawati. 2012. Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta : Graha Ilmu,

Ratna C. Sari dan Zuhrohtun. 2006. “Keinformatifan Laba Di Pasar Obligasi Dan Saham’’: Uji Liquidation Option Hypothesis. Dipresentasikan di SMA. 9 Padang.

Rossje. 2006. Akuntansi Lingkungan, Suatu Perspektif. Weblog

Saedah, Z. 2015. Pengaruh Pengungkapan Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi pada perusahaan Manufaktur di BEI Periode Tahun 2011-2013)’.

Sayekti, Y. dan L. S. Wondabio. 2007. ”Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient”. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar, 26-28 Juli.

Sembiring, 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Paper Presented at the Seminar Nasional Akuntansi, Solo.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial

Sudana, I. M. (ed.) 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan : Teori dan Praktik (Edisi 2). Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Wahyudi, Isa. Dan Azheri Busyra. 2008. Corporate Social Responsibility. Malang:Setara Press Referensi Website

Wiyani, W. & A. Wijayanto. 2005. Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga Deposito, dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Harga Saham. Jurnal Keuangan dan Perbankan.Vol. 9(3): 884-903.

Yusuf, Muhammad Yasir. 2017. Islamic Corporate Social Responsibility. Depok: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is indexed by:

e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License